S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Date2 May 2018 11:47 am
ByAdministrator
Views60
PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Waktu yang Tepat Menggunakan APD


Ilustrasi Alat Pelindung Diri
Date2 May 2018 11:47 am
ByAdministrator
Views60

Waktu yang Tepat Menggunakan APD

Assalammu’alaikum,
Pengasuh rubrik konsultasi yang saya hormati, saya Hanan seorang karyawati pabrik dari Sokaraja. Saya sering merasakan gatal-gatal pada tangan kiri, kadang-kadang tidak bisa seluruh tubuh. Tidak jarang mengalami batuk batuk. Bagaimana acara pemilihan alat pelindung diri yang tepat? Terimakasih atas penjelasannya. Wassalamualaikum

Wa’alaikumsalam wr wb,
Terimakasih ibu atas pertanyaanya, sayangnya pertanyaanya tidak menyebutkan perusahaan Ibu itu produksi di bidang apa, baik saya akan mencoba menjelaskan Kapan waktu yang tepat pengunaan alat pelindung diri (APD) secara umum.

Ada beberapa alasan mengapa APD dianggap sebagai upaya terakhir dalam pengendalian risiko:  APD hanya melindungi penggunanya, sedangkan pengendalian risiko yang lain dapat
melindungi semua orang di tempat kerja. 

Secara teori dan praktek, tingkat perlindungan maksimum penggunaan APD sulit dinilai dan dicapai. Perlindungan efektif hanya dapat dicapai dengan memilih APD yang sesuai dan digunakan dengan benar, dipelihara dan diganti secara rutin sesuai kebijakan yang berlaku.

APD dapat membatasi mobilitas, jarak pandang atau peralatan tambahan yang dibawa penggunanya, yang berpotensi bisa menciptakan bahaya lainnya.  Tanggung jawab pekerja terkait penggunaan APD, antara lain :

Memakai APD dengan benar
Mengikuti pelatihan tentang APD
Merawat, membersihkan dan menjaga APD
Menginformasikan atasan tentang keperluan perbaikan atau penggantian APD.
 
Sedang jenis APD sesuai dengan potensi bahaya yang terdapat di area kerja dan standar yang ditetapkan:
a. Pelindung kepala, helm keselamatan,topi atau tudung kepala,pengaman rambut, dll.
b. Pelindung mata dan wajah,kacamata keselamatan,safety goggles, tameng muka, serta gabungan masker, tameng muka dan kacamata pengaman.
c. Pelindung telinga, sumbat telinga dan penutup telinga.
d. Pelindung pernapasan, masker, respirator, Powered Air-Purifying Respirator, Self-Contained Breathing Apparatus dan Self-Contained Underwater Breathing Apparatus.
e. Pelindung tangan, sarung tangan yang terbuat dari logam, kulit, kain kanvas, kain/ kain berlapis, karet dan sarung tangan yang tahan bahan kimia.
f. Pelindung kaki, sepatu keselamatan untuk berbagai jenis pekerjaan seperti industri, konstruksi bangunan, dan pekerjaan yang mengandung potensi bahaya.
g. Pakaian pelindung, rompi, celemek, jaket dan pakaian pelindung yang menutupi sebagian atau seluruh badan.
h. Alat pelindung jatuh perorangan, sabuk pengaman, carabiner, lanyard, tali pengaman, alat penjepit tali, alat penurun, alat penahan jatuh bergerak,dll
i. Pelampung, jaket keselamatan (life jacket), rompi keselamatan (life vest), rompi pengatur keterapungan (bouyancy control device).

Semoga ibu bisa memilih APD yang tepat, semoga bermanfaat terimakasih

(Wasis Eko Kurniawan SKep NsMPH : Tim Pengampu rubrik konsultasi Kesehatan STIKES Harapan Bangsa Purwokerto)


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu