S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date25 April 2016 12:12 pm
ByAdministrator
Views32



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

Upayakan Tangani Pasien dengan Cepat dan Tepat

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id - STIKes Harapan Bangsa Purwokerto sukses menggelar Pelatihan Perawat Gawat Darurat (PPGD), Minggu (17/4) lalu. Pelatihan PPGD ini dilaksanakan di halaman depan SHB dengan melibatkan mahasiswa dan elemen lainnya. Kegiatan itu dimaksudkan agar para mahasiswa semakin terampil menangani kasus gawat darurat.

Kegiatan pelatihan tersebut memperagakan penanganan korban pada kecelakaan beruntun. para pemerannya adalah para mahasiswa keperawatan semester enam. Mereka bersama-sama membagi peran menjadi korban atau tenaga kesehatan yang bertugas.

Pengambilan adegan banyaknya kecelakaan tentu bukan tanpa alasan. Hal ini bersangkutan dengan pelayanan darurat apa saja yang bisa diakukan dalam terjadinya sebuah kecelakaan. Mahasiswa akan dapat menggunakan skill mereka terutama untuk penanganan trauma jantung, trauma servikal sampai manajemen bencana.

Kegiatan itu dimaksudkan agar para mahasiswa semakin terampil menangani kasus gawat darurat

Koordinator Kegiatan, Tri Sumarni S Kep Ns M Kep mengungkapkan, kegiatan pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan ketrampilan mahasiswa dalam penanganan gawat darurat. Di semester enam, ujian skill wajib diikuti oleh mahasiswa.

Tri Sumarni juga mengungkapkan, saat di lapangan mahasiswa dituntut cepat dalam bertindak menangani pasien kritis dan harus bisa mencegah pasien ke kondisi kristis. Semua butuh respon cepat dan tanggap.

"Kami juga menekankan pada mahasiswa untuk bisa peka terhadap pasien supaya bisa mengambil tindakan tepat," ungkapnya.

PPGD sendiri dilakukan dalam tiga tahap, teori, pretes baru ujian skill di lapangan. Dengan adanya PPGD ini tentunya, SHB ingin mahasiswanya bisa diandalkan di dunia kesehatan nanti, banyaknya tes dan ujian skill yang dilakukan tujuannya untuk menghasilkan tenaga esehatan yang siap dalam segi skill.

"Unit gawat daruat tentu menjadi layanan terdepan di rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan lainnya, akan sangat bagus jika mahasiswa trampil daam poenanganan gawat darurat," imbuh Tri. (stw)


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu