S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date31 October 2016 1:18 pm
ByAdmin is trator
Views22


Info Kesehatan

Stunting (Pendek) Pada Anak Dapat Dicegah Saat Kehamilan

Stunting (pendek) merupakan salah satu bentuk kekurangan gizi yang ditandai dengan indikator tinggi badan menurut umur. Kejadian stunting pada anak merupakan suatu proses kumulatif yang terjadi sejak kehamilan, masa kanak-kanak dan sepanjang siklus kehidupan. Peluang peningkatan stunting terjadi dalam 2 tahun pertama kehidupan. Faktor gizi dari sang ibu sebelum dan selama kehamilan merupakan penyebab tidak langsung yang berkontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan sang janin.

4 cara untuk mencegah stunting atau tubuh pendek antara lain yaitu memberian ASI secara baik dan tepat disertai dengan pengawasan berat badan secara teratur dan terus menerus, menghindari pemberian makanan buatan kepada anak untuk mengganti ASI sepanjang sang ibu masih mampu menghasilkan ASI terutama pada usia dibawah 4 bulan, meningkatkan pendapatan keluarga dengan diimbangi dalam penggunaan uang yang terarah dan efisien serta meningkatkan intensitas komunikasi informasi edukasi (KIE) kepada masyarakaat, terutama bagi para ibu mengenai pentingnya konsumsi zat besi yang diatur sesuai kebutuhan dan dikoordinasikan dengan kegiatan posyandu.

Sementara penanggulangan paling efektif stunting dapat dilakukan pada seribu hari pertama kehidupan. Pencegahan tersebut mulai dari perbaikan gizi dan kesehatan ibu hamil. Perbaikan tersebut dapat dilakukan dengan pemberian makanan tambahan untuk mencegah terjadinya Kurang Energi Kronis (KEK).

Selain itu setiap ibu hamil perlu mengkonsumsi tablet penambah darah minimal sebanyak 90 tablet selama kehamilan agar kesehatan ibu tetap terjaga dan tidak mudah mengalami sakit. 

Sementara penanggulangan saat bayi lahir sebisa mungkin persalinan ditolong oleh bidan atau dokter terlatih agar begitu bayi lahir dapat langsung diberikan Inisiasi Menyusui Dini (IMD). 

Yang tidak kalah penting untuk diketahui, bayi sampai dengan usia 6 bulan harus diberi ASI eksklusif dan mulai usia 6 bulan selain ASI, bayi dapat diberi makanan pendamping ASI. Tetapi ingat pemberian ASI harus terus dilakukan sampai bayi berumur 2 tahun atau lebih yang disertai pemberian kapsul vitamin A, taburia serta imunisasi dasar lengkap.

Terakhir, Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) harus diterapkan oleh setiap rumah tangga.    

Mudah-mudahan melalui artikel ini, kita dapat lebih mengetahui upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan Stunting (Pendek) pada anak mulai saat kehamilan. Jangan sampai seiring dengan penambahan usia, pendek pada anak dialami oleh sang buah tercinta.

By : Linda Yanti, S.ST.,M.Keb Dosen STIKes Harapan Bangsa Purwokerto





© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu