S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date18 January 2013 4:00 pm
ByAdministrator
Views61



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

Strategi Pembelajaran Di Era Digital Dengan Penerapan Scalsa

www.shb.ac.id, Purwokerto - Instansi Pendidikan merupakan pusat ilmu pengetahuan dan pusat pembangunan karakter yang akan menjadi pilar terpenting sebuah bangsa. Semakin berkualitas pendidikan di Indonesia, maka akan semakin kuat pilar bangsa dan negara ini untuk menyongsong era baru dimasa yang akan datang yang penuh tantangan. Salah satu kunci sukses dalam peningkatan kualitas pendidikan adalah dengan menggunakan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) dalam dunia pendidikan.

Bentuk dari Teknologi Informasi yang akhir-akhir ini sering banyak dibicarakan dan dibutuhkan dalam dunia pendidikan di Indonesia adalah implementasi program E-learning. E-learning sudah banyak digunakan oleh perguruan tinggi ternama di dunia sejak dekade yang lalu. Di Indonesia baru marak berkembang pada awal 2010an dan STIKES Harapan Bangsa-pun juga tidak mau ketinggalan. STIKES Harapan Bangsa yang selalu berkomitmen untuk berkembang telah memulai pembuatan program E-Learning sejak tahun 2012 untuk mendukung aktivitas belajar mengajar.  Terkait dengan hal tersebut, pada tanggal 17-18 Januari 2013 berlangsung pelatihan e-learning bagi para staf dosen seluruh Program Studi di  STIKES Harapan Bangsa sebagai langkah awal penerapan E-Learning di STIKES Harapan Bangsa. Pelatihan E-Learning dibawakan langsung oleh narasumber Bpk. Iis Setiawan MN, S.Kom, konsultan sekaligus developer IT di STIKES Harapan Bangsa.

E-Learning di STIKES Harapan Bangsa sendiri diberi nama SCALSA yaitu“ Student Centered Activity and Learning of Harapan Bangsaâ€. Sebagai salah satu metode pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), E-Learning secara sistematis mengintegrasikan semua komponen pembelajaran, termasuk interaksi pembelajaran lintas ruang dan waktu, dengan kualitas yang terjamin. Beberapa manfaat SCALSA antara lain :

Bagi Mahasiswa

  1. Fleksibilitas belajar yang tinggi
  2. Kemudahan memperoleh materi sebelum perkuliahan, dan mudah mempelajari ulang terhadap materi perkuliahan yang sudah diajarkan
  3. Kemudahan komunikasi dengan dosen dan antar mahasiswa melalui chat atau forum
  4. Kemudahan pengumpulan tugas

Bagi Dosen

  1. Mudah melakukan pembaruan materi maupun model pembelajaran.
  2. Mudah melakukan evaluasi.
  3. Selalu siap setiap saat untuk mengajar.
  4. Sebagai sarana interaktif dan menarik kepada mahasiswa.

Bagi Institusi

  1. Sebagai indikator tentang pemanfaatan, penerapan dan pengembangan Teknologi Informasi.
  2. Sebagai bentuk komunikasi, publikasi dan promosi Institusi agar lebih dikenal oleh masyarakat secara luas baik didalam negeri maupun keluar negeri, khususnya di bidang pendidikan dan pengajaran.
  3. Sebagai sarana monitoring dan evaluasi kinerja satuan kerja pendidikan dalam rencana kerja pendidikan terhadap RPP yang telah ditetapkan

Dapat disimpulkan bahwa SCALSA memberikan tambahan fasilitas dan kemudahan bagi mahasiswa dalam proses belajar. Mahasiswa dapat mengunduh materi perkuliahan dalam bentuk file Pdf, microsoft words, microsoft power point atau format video sebelum perkuliahan. Di setiap pertemuan perkuliahan, seluruh aktivitas di ruang kelas akan di rekam dengan sound record, sehingga mahasiswa dapat mengunduh file sound per materi perkuliahan agar dapat dipelajari ulang materi perkuliahan yang sudah di ajarkan. Tersedia juga fasilitas Chat dan Forum untuk kemudahan komunikasi antara mahasiswa dan dosen.

Narasumber : Yuris Tri Naili SH KN, Ketua Panitia

Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu