S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date19 June 2015 12:03 pm
ByAdministrator
Views49

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

STIKES Harapan Bangsa Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis


Date19 June 2015 12:03 pm
ByAdministrator
Views49

www.shb.ac.id - STIKES Harapan Bangsa menggelar kegiatan pemeriksaan tekanan darah dan gula darah gratis di GOR Satria, Purwokerto pada hari Minggu lalu. (7/06/2015). Kegiatan sosial yang digelar minggu pagi tersebut tersebut berhasil menyedot perhatian puluhan pengunjung GOR Satria. Kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa semester akhir yang memang telah terdidik untuk melakukan pelayanan keperawatan. Layaknya seorang perawat professional yang penuh caring, mahasiswa-mahasiswa ini  melayani setiap orang yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan.  Puluhan pengunjung secara bergantian memeriksakan kesehatannya mulai dari tekan darah hingga pemeriksaan gula darah  serta konsultasi seputar kesehatan. Rata-rata kondisi kesehatan warga secara keseluruhan dalam kondisi normal, meskipun ada beberapa warga yang kadar gula darah dan tekanan darah yang tinggi.

"Kegiatan ini merupakan salah satu program rutin dari STIKES Harapan Bangsa yang sangat peduli kepada kesehatan masyarakat" ujar Eli. 

Di wawancarai terpisah, Ketua Stikes Harapan Bangsa, dr.Pramesti Dewi menambahkan dari acara ini sedikit banyak dapat membantu masyarakat kota Purwokerto, dan juga menunjukkan bahwa STIKes Harapan Bangsa adalah salah satu komponen pelayan masyarakat dan pembangun bangsa.

"Kegiatan serupa akan kami lakukan di minggu minggu lainnya" Kata dr. Dewi mengakhiri wawancara.

Wakil Ketua Pelaksana, Eli menyatakan tujuan kegiatan cek kesehatan secara gratis ini adalah untuk membantu dalam upaya screening penderita diabetes dan hipertensi khususnya yang berada di wilayah Purwokerto, sekaligus bentuk peran serta STIKES Harapan Bangsa dalam melayani masyarakat.

Pemeriksaan gula darah sangat jarang dilakukan oleh masyarakat, padahal itu sangat penting mengingat penyakit diabetes merupakan penyakit degeneratif yang kadang tanpa tanda gejala. Pemeriksaan gula darah berlangsung sangat cepat, hanya berkisar tiga menit dan hasilnya langsung diketahui. Seperti halnya gulu darah,  pemeriksaan tekanan darah juga tidak kalah penting, karena menurut WHO (World Health Organization, Red) hipertensi disebut sebagai silent killer yang berarti pembunuh diam-diam, contohnya bisa menyebabkan komplikasi ke organ-organ tubuh vital seperti serangan jantung, gagal ginjal, dan lain-lain. Dengan melakukan screening dan pemantauan gula darah dan tekanan darah secara teratur diharapkan masyarakat akan sadar akan kondisi kesehatan dan mau berupaya meningkatkan status kesehatannya.


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu