S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date20 July 2016 9:14 am
ByAdmin is trator
Views29


Sosok

Siasati Kejenuhan Perkuliahan

Sosok Rosi Kurnia Sugiharti, SST, M.Kes, Siasati Kejenuhan Perkuliahan

Jam siang dalam perkuliahan terkadang menghinggapi mahasiswa yang merasa jenuh akan aktifitasnya. Wajar karena saat itu pikiran cukup terkuras, apalagi usai mengikuti perkuliahan sejak pagi harinya. Kondisi pikiran dan tenaga ini, membuat fokus dalam menerima materi kuliah pun juga ikut menurun.

Namun berbeda dengan Rosi Kurnia Sugiharti, SST, M.Kes, dosen bidan dari STIKes Harapan Bangsa (SHB) ini. Wanita murah senyum ini memiliki cara tersendiri dalam membuat mahasiswanya untuk fokus dalam menerima perkuliahan. Caranya yakni memberikan materi yang berisi visualisasi yang menarik bagi mahasiswanya.

"Saya sendiri memiliki cara agar mahasiswa di kelas tetap fokus dan memperhatikan materi kuliah yakni dengan memberikan slide dilayar proyektor yang penuh bewarna,"ujarnya.

Menurut dia, cara ini sangat efektif agar fokus dan daya pikir mahasiswa tetap memperhatikan materi yang disampaikan. Karena materi yang berwarna ini akan menjadi daya tarik mampu menyegarkan mata yang memiliki efek kepada meningkatnya fokus dan daya pikir mahasiswa. Terlebih warna itu akan membuat nyaman mata yang ketika dibaca.

"Kebetulan materi yang saya sampaikan tentang Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (Poned). Akan susah memberikan materi apabila perkuliahan selalu tegang,"kata dia.

Peraga lainnya yang sering Rosi gunakan di depan mahasiswanya yakni lewat video praktek. Dikatakan, video ini bahkan dengan cepat mahasiswa akan mudah memahaminya. Karena cara ini langsung memberikan bagaimana cara penanganan dalam kegawatdaruratan di rumah sakit.

"Bisa dibayangkan dengan waktu perkuliahan satu kali empat jam akan membosankan ketika tidak disisipkan dengan visual yang ada. Terlebih kini sudah banyak media praktek kegawatdaruratan yang mampu diakses oleh mahasiswa lewat internet,"tandasnya.(rez)





© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu