S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date19 April 2016 12:10 pm
ByAdministrator
Views59



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

Siapkan Bidan Yang Berkompeten Dengan ANC

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id - Program D3 Kebidanan menguji mahasiswinya dalam ujian Antenatal Care (ANC) atau dalam Bahasa Indonesia pemeriksaan ibu hamil, Senin (11/4) hingga Jumat (22/4). Ujian ANC ini dilaksanakan oleh mahasiswi semester empat sebagai salah satu ujian keterampilan wajib.

Menariknya, ujian bukan lagi menggunakan alat peraga seperti pantom, namun langsung kepada ibu hamil. Ujian ini dilaksanakan bekerjasama dengan puskesmas di beberapa tempat, diantaranya Puskesmas Purwokerto Barat, Purwokerto Timur dan Purwokerto Utara. Pukesmas juga ikut membantu dlam mengumpulkan ibu hamil yang nantinya akan menjadi pasien bagi para mahasiswi.
Pada ibu hamil inilah, para mahasiswi dituntut untuk menggunakan skill mereka dalam pemeriksaan kehamilan yang komprehensif. Sebelumnya, mahasiswi mendapat pra test dengan mendalami toeri dalam keilmuan tersebut. Dalam keberlangsungan ujain pun mahasiswa didapingi oleh dua penguji, satu orang dari pihak kampus, dan satu orang lagi adalah tenaga kesehatan yang dipilih oleh Dinas Kesehatan.

Program D3 Kebidanan menguji mahasiswinya dalam ujian Antenatal Care (ANC)

Koordinator Ujian, Susilo Rini SST M Kep mengungkapkan, ujian tersebut adalah bagian dari langkah-langkah para mahasiswi untuk mendapatkan semua kompentensi sebagai bidan. Tahun ini ada 74 mahasiswi semester empat yang mengikuti ujian, ANC menjadi ujian yang harus dilewati mahasiswi untuk bisa melanjutkan ke jenjang kompetensi selanjutnya.

"Untuk menjadi bidan yang berkompeten, mahasiswi harus melewati berbagai test untuk dinyatakan layak, dan Ujian ANC menjadi salah satunya," ujar Rini.

Dalam ujian ANC ini ada beberpa poin penilaian seperti Asuhan Kebidanan dan Resprasi dan juga poin kunci untuk bisa memeriksa posisi bayi pada ibu hamil lengkap beserta, detak jantung bayi, dan analisis lainnya. Dari ujian ANC inilah nantinya mahasiswi diharapkan bisa menguasai skill dalam pemeriksaan ibu hamil yang nantinya akan menjadi syarat kompetensi untuk menjadi bidan. Dalam semester selanjutnya pun akan ada kompetensi yang harus dikuasai oleh mahasiswi melalui ujian pantom, ujian osca dan penilaian OPN.

"Dengan menguasai semua kompetansi, mahasiswi yang akan menjadi bidan diharapkan bisa berkontribusi banyak bagi dunia kesehatan," tambah Rini. (stw)


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu