S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date20 July 2016 2:13 pm
ByAdministrator
Views89

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

SHB Terus Cetak Tenaga Medis Berkompeten

Date20 July 2016 2:13 pm
ByAdministrator
Views89

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id - STIKes Harapan Bangsa (SHB) sebagai salah satu sekolah tinggi kesehatan, mempunyai kewajiban dalam keberhasilan mencetak tenaga ahli madya keperawatan yang profesional dan bermutu. Untuk itu, SHB menggelar kegiatan Praktik Klinik Keperawatan I (PKK). Kegiatan itu total diikuti oleh 105 mahasiswa dari kelas A dan B SHB.

Salah satu dosen SHB Ns. Murniati, SKep, MKep mengatakan, pada Jumat (15/7) ini mahasiswa mengikuti pendalaman praktik. Dalam ujian PKK I tersebut, mahasiswa masuk dalam delapan stase atau ruang praktik. Kedelapan praktik itu yakni praktik pemeriksaan paru, cuci tangan, pemberian oksigen, memasang sprei, cara menyuntik, pemberian posisi lototomi, pemeriksaan tekanan darah, dan pemberian nutrisi selang nasal gastri tube (NGT) pada pasien.

Tiap stase atau ruangan tersebut, mahasiswa diberi batas tujuh menit. Dalam waktu tujuh menit itu, mahasiswa membaca soal untuk mempraktikkan teori yang sudah diberikan selama perkuliahan. Fokus materi yang diuji yakni Objective Structured Clinical Assesment (OSCA). ujian wajib yang harus dijalani setiap mahasiswa Program Diploma 3 Keperawatan.

"Ujian OSCA ini bertujuan sebagai alat ukur dari pemahaman ilmu pengetahuan, sikap dan ketrampilan yang berhubungan dengan profesi keperawatan juga sebagai umpan balik terhadap penyelenggaraan pendidikan tenaga keperawatan,"tuturnya.

sehingga harapanya, setelah lulus nanti mahasiswa betul-betul kompeten terhadap ilmu dan kiat keperawatan. OSCA juga sebagai bentuk evaluasi yang sebelumnya di Scilab. Seperti contoh kasus yang disajikan terutama dalam keterampilan dasar. Manfaatnya untuk bagaimana tindakan mahasiswa saat berhadapan dengan situasi yang sebenarnya saat masuk ke rumah sakit.

"Untuk lulus ujian OSCA ini, mahasiswa harus memperoleh nilai minimal 75. Bagi yang tidak lulus secara nilai akan diberikan beban praktik dengan target kompetensi yang akan ditambah,"terang Murniati.

OSCA sendiri kata dia, dilakukan secara rutin di beberapa semester yakni semester 2, 4 dan 6. Kegiatan ini sangat penting, mengingat lamanya jeda antara waktu perkuliahan dan praktik. Nantinya untuk hasil ujian akan ditempel dipapan pengumuman. (rez)


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu