S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date13 April 2016 12:08 pm
ByAdministrator
Views78

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

SHB Sukseskan Pekan Parade TB Days


Date13 April 2016 12:08 pm
ByAdministrator
Views78

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id - Memperingati Hari TB sedunia, Dompet Dhuafa menggandeng STIKes Harapan Bangsa Purwokerto (SHB) dalam kegiatan Pekan Parade TB Days LKC Dompet Dhuafa yang diadakan Minggu (2/4) lalu. Kegiatan ini melibatkan 100 mahasiswa SHB sebagai relawan.

Dengan judul kegiatan "Ketuk Pintu", dengan target kunjungan 15.000 rumah, Banyumas mendapat target 1.500 rumah. Setiap mahasiswa bertanggung jawab untuk mengunjungi 15 rumah. Acara ini dilaksanakan di Kecamatan Kembaran, yang meliputi tiga desa yaitu, Desa Ledug, Desa Pliken, dan Desa Bojongsari. Pemilihan desa dan kecamatan ini tentu bukan tanpa alasan. Staaf Program dari Dompet Dhuafa, Arif Rahman mengatakan, daerah yang menjadi sasaran memang menjadi daerah zona merah TB.

Arif juga menjelaskan kegiatan ketuk pintu ini dimulai dengan kunjungan mahasiswa ke rumah warga dengan membawa atribut seperti leaflet, brosur dan lainnya yang berhubungan dengan TB. Mahasiswa juga bertugas untuk memberikan edukasi kepada warga terkait TB, mulai dari pencegahan sampai pengobatan. Dalam kunjungannya pula mahasiswa mendata warga yang terindikasi TB atau bahkan sudah terduga penyakit TB.

"Sosialisasi menjadi hal penting untuk megajak warga dalam pencegahan TB." ujar Arif.

Persiapan Teknis Sebelum Kunjungan TB Days

Persiapan teknis sebelum kunjungan rumah warga dan disambut oleh Wakil Bupati 

Dalam kunjungan ke rumah warga di tiga desa ini, tercatat ada 10 persen yang terindikasi penyakit TB, dan 5 persen yang terduga penyakit TB. Untuk hal tersebut Dompet Dhuafa juga mengambil langkah tindak lanjut dengan melakukan advokasi ke rumah warga terduga TB dan melakukan pendampingan pengobatan terhadap warga terduga.

Arif berharap setelah kegiatan ini terlaksana, warga bisa menyesuaikan tempat tinggal dengan menjaga kebersihan rumah. "Yang terpenting dalam kasus TB adalah kebersihan, jadi setelah edukasi yang diberikan, warga bisa mencegah datangnya penyakit TB dengan menjaga kebersihan," tambah Arif.

SHB yang menyertakan 100 mahasiswa relawan sangat antusias dalam menyambut acara yang dilaksanakan serentak di berbagai aerah ini. Melalui Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Reni Dwi Setyaningsih SKM MPH, mengungkapkan SHB sangat mendukung kegiatan dari Dompet Dhuafa ini, kegiatan ketuk pintu ini sekaligus menjadi ajang untuk mahasiswa mempraktikan ilmu yang sudah didapat di bangku kuliah. (stw/acd)


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu