S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date30 July 2018 10:27 am
ByAdministrator
Views35

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

SHB Peduli Kesehatan Gigi dan Mulut


Date30 July 2018 10:27 am
ByAdministrator
Views35

Kerjasama dengan Internasionale Bouerden

PURWOKERTO - Peduli kesehatan gigi dan mulut pada anak, tim Dosen  Stikes Harapan Bangsa dan tim aktifis sosial dari Belgia melakukan pemeriksaan gigi dan mulut di TK Masyitah 7 Klahang, Sokaraja. 

Selain pemeriksaan gigi, acara yang digelar Kamis (19/7) tersebut juga mengajarkan cara menggosok gigi yang benar.

Ketua tim kegiatan pengabdian kepada masyarakat STIKes Harapan Bangsa Indri Heri Susanti, MKep mengatakan, SHB sengaja memilih tema kesehatan gigi dan mulut, karena kesehatan gigi dan mulut sangat penting sebagai pertahanan tubuh pertama sebelum makanan masuk ke tubuh.

Jika mulut dan gigi kita bersih, bakteri yg masuk ke aliran darah jumlahnya hanya sedikit sehingga tidak membahayakan tubuh anak

Bakteremia juga bisa menyebabkan infeksi pada gusi, nyeri pada gigi dan radang pada rongga hidung," katanya. 

Ketertarikan rekan rekan dari Belgia yang peduli terhadap pola kebiasaan serinya anak2 Indonesia mengkonsumsi makan makanan manis atau kadar glukosa tinggi yang mempengaruhi kesehatan gigi mulut anak jika tidak diimbangi dengan pola kebiasaan gosok gigi rutin dan dengan cara yang benar.

Kerjasama SHB dengan yayasan Internasionale Bouerden atau yayasan Tileng merupakan prestasi Kerjasama  dengan misi Internasionale Bouerden yang sedang mempelajari kesehatan gigi dan mulut anak-anak di Indonesia

Dari hasil pemeriksaan, 56 siswa di TK Masyitah 7 Desa Klahang Sokaraja, terdapat 30 siswa mengalami kerusakan gigi berupa karang gigi dan gigi berlubang, dua siswa mengalami pembengkakan pada gusi, dan juga terdapat 10 siswa yang mengarah pada tanda-tanda carries gigi," ujarnya. 

Dengan adanya pemeriksaan dan juga pemberian pengetahuan mengenai cara menggosok gigi yang benar, harapannya anak-anak bisa mempraktekkannya di rumah. Karena untuk kegiatan ini, anak-anak diminta untuk melakukan cara menggosok gigi yang benar. Kemudian kita perbaiki yang kurang benar. Untuk yang sudah benar kita beri reinforcement positif," ucapnya.


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu