S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date30 August 2016 3:31 pm
ByAdministrator
Views44



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

SHB Kirimkan 97 Mahasiswa Ikut APN

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id - STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto kembali akan mengirimkan 97 mahasiswanya untuk mengikuti Asuhan Persalinan Normal (APN). Kali ini mahasiswa SHB akan mengikuti APN di Kabupaten Banjarnegara. Program ini juga merupakan kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Banjarnegara.

Koordinator APN Ema Wahyu Ningrum, SST, MKes menuturkan, program ini merupakan kegiatan rutin tahunan sangat penting bagi tiap mahasiswa Diploma Kebidanan. Pasalnya APN merupakan kegiatan yang wajib dilakukan sebelum menghadapi dunia kerja. Sehingga kegiatan ini akan banyak diisi dengan praktek langsung dilapangan.

"APN semacam tes terakhir untuk mahasiswa semester akhir saat akan masuk ke dunia kerja," tuturnya.

Dia menjelaskan, mahasiswa setelah mengikuti APN akan menerima sertifikat. Sebab kata Ema, kegiatan APN berisi tentang penanganan pasien ketika persalinan. Apalagi dengan kebijakan permerintah sekarang yang mewajibkan dan memperbolehkan bidan menolong persalinan dengan catatan Bidan pernah mengikuti Asuhan Persalinan Normal (APN).

"Kualitas seorang bidan dapat dilihat lewat praktek APN ini," tandasnya.

Selain itu, kata dia, sertifikat APN sangat penting sebagai syarat ketika akan mencari pekerjaan. Sebab sudah banyak rumah sakit, puskesmas, dan poli mempersyaratkan sertifikat APN. Dia mengungkapkan, sertifikat ini seperti kartu kuning bagi pencaker saat melamar pekerjaan.

Kegiatan APN dimulai dari tanggal 20 Agustus hingga 16 September 2016. Selama sepuluh hari tersebut, mahasiswa akan dibagi dua kegiatan. Lima hari pertama mahasiswa akan mempelajari teori yang sudah didapat selama kuliah. Kemudian lima hari kedua, mahasiswa akan melakukan praktek persalinan fisiologis.

"Diharapkan APN ini akan mengurangi Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Sementara untuk pelaksanaan akan kita serahkan secara keseluruhan kepada DKK Banjarnegara," terang Ema.(rez)


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu