S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date23 November 2016 9:18 am
ByAdmin is trator
Views14


Berita SHB

SHB Kembangkan Soft Skill Cetak Perawat Handal

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id — Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto mengadakan kegiatan English Camp di Palawi, Baturraden pada Rabu (16/11). Kegiatan ini diikuti 124 mahasiswa semester 7 jurusan S1 Keperawatan, bersama lima mahasiswa Prachomklao (PCK) College of Nursing Thailand, serta satu mahasiswa dari India, China, dan Ukraina. 

Sekretaris Kantor Kerjasama Hubungan Internasional (KHIP) SHB Purwokerto Barlian Kristanto, SPd, M.Hum mengatakan, kegiatan English Camp juga sebagai kegiatan menjelajah alam, mengharuskan para mahasiswa yang dibagi 11 kelompok melakukan tantangan di lima pos.

"Kami ingin mengajarkan bagaimana mereka menyelesaikan permasalahan atau tantangan disetiap pos," katanya.

Lian mengharapankan, dengan tantangan demi tantangan yang dihadapi, mampu memberikan dampak positif. Yakni bagaimana peserta English Camp bisa menggunakan komunikasi yang efektif, sikap sebagai pemimpin, serta mengambil keputusan yang cepat. Hal itu sangat dibutuhkan jika sudah terjun langsung saat menangani pasien dan menghadapi situasi yang sesungguhnya.

Dalam salah satu kegiatan yang memerlukan kerjasama tim, ada bamboo bridge, atau jembatan bambu. Setiap tim sudah disediakan tiga bambu, masing-masing orang memiliki tugas untuk menyeberang anggota timnya agar sampai tujuan dengan cara estafet.

"Itu fungsinya kerjasama, dalam menumbuhkan soft skill supaya tidak kaget saat sudah terjun di lapangan." tutur lian.

Di akhir kegiatan, peserta dibagi menjadi empat kelompok. Masing-masing kelompok ada satu orang yang memegang lilin dan lainnya melindungi dari serangan air agar lilin tetap menyala. Lilin tersebut digunakan untuk memotong tali bertuliskan English Camp.

Selain berbagai tantangan, juga diselipkan commitment building untuk membangun sebagai calon perawat profesional. Para calon perawat harus memiliki kriteria motivated, agile, flexible, influencial, compassionate, emphatetic, nice, dan trustworthy nurse (magnificient). (ely/sus)





© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu