S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date20 July 2016 2:12 pm
ByAdministrator
Views36



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

SHB Gelar Rangkaian Kegiatan PKK

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id - STIKes Harapan Bangsa (SHB) pada Kamis (14/7) lalu mengadakan Praktik Klinik Keperawatan (PKK). Kegiatan yang dimulai sejak 1 Juli lalu ini diawali dengan Ujian OSCA (Objective Structured Clinical

Assesment) dan pendalaman praktik bagi kelas A dan B. Kegiatan ini sebagai meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan lewat pemenuhan tenaga kesehatan yang tidak hanya unggul secara kuantitas juga kualitas.

Koordinator PKK I Madyo Maryoto, S.Kep, Ns MNS mengatakan, tenaga kesehatan saat ini dituntut professionalme dalam menjalankan tugas, wewenang, dan kompetensinya serta diikuti pula dengan intelektualitas yang tinggi. Sebab tenaga perawat dipandang sebagai point of center dalam pelayanan kesehatan. PKK ini berisi pelayanan keperawatan dasar pada pasien, dengan berbagai masalah medis yang dialaminya.

"PKK yang didalamnya berisi Pelayanan Keperawatan Dasar ini bertujuan untuk memenuhi Kebutuhan Dasar Manusia (KDM),"ujarnya.

Mnurut dia, STIKes Harapan Bangsa sebagai salah satu sekolah tinggi kesehatan, mempunyai kewajiban dalam keberhasilan mencetak tenaga ahli madya keperawatan yang profesional dan bermutu. Kegiatan ini sesuai dengan standar profesi baik aspek kognitif, afektif dan psikomotor dalam bidang keperawatan secara umum, dan secara khusus tentang keperawatan dasar.

PKK sendiri dilaksakana pada semester dua dengan kegiatan praktek klinik berfokus kepada asuhan keperawatan dasar (Kebutuhan Dasar Manusia/ KDM). Praktik Klinik Keperawatan (PKK) I merupakan pembelajaran klinik dimana mahasiswa langsung mengaplikasikan teori yang sangat penting. Tujuannya untuk mencapai keberhasilan dalam pendidikan keperawatan.

Dia menjelaskan, PKK yang diujikan ini ada enam metode pembelajaran. Enam metode itu yaitu diskusi, bedside teaching, membuat asuhan keperawatan pasien kelola, responsi terhadap laporan pendahuluan dan dokumentasi asuhan keperawatan pada klien kelolaan, target kompetensi, dan uji komprehensif.

"Nantinya masing-masing mahasiswa akan dievaluasi atau penilaian dengan enam hal yaitu ujian OSCA, penampilan kinerja klinik, DOPS (8 buah), target kompetensi, laporan asuhan keperawatan, ujian klinik, dan bimbingan post praktik,"jelasnya.

Dia berharap, setelah mengikuti PKK I ini mahasiswa mampu memberikan asuhan keperawatan dasar pada pasien yang memiliki gangguan pemenuhan kebutuhan dasar manusia.(rez)


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu