S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date16 July 2018 9:33 am
ByAdministrator
Views141

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

SHB Gelar Donor Darah


Date16 July 2018 9:33 am
ByAdministrator
Views141

PURWOKERTO - Sebagai salah satu sekolah tinggi ilmu kesehatan di wilayah Banyumas, STIKes Harapan Bangsa Purwokerto (SHB) tentu ingin berkontribusi dalam dunia kesehatan, khususnya di wilayah Kabupaten Banyumas dan sekitarnya. Atas dasar itulah, dalam rangka menyambut Dies Natalis ke-16, SHB Purwokerto mengadakan kegiatan sosial. 

Salah satu bentuk kontribusi yang dilakukan SHB yang dilakukan pada Rabu (11/7) lalu adalah terlaksananya kegiatan donor darah. Kegiatan donor darah ini dimotori oleh SHB Purwokerto yang bekerjasama dengan PMI Banyumas dengan tema "Wujud Nyata Untuk Peduli Sesama".

"Ini merupakan bentuk kepedulian kami kepada orang lain dengan memberikan setetes darah untuk membantu menyelamatkan nyawa," kata Ketua Panitia Kegiatan Donor Darah, Adiratna Sekar Siwi, S.Kep,Ners,M.Kep.

Wanita yang akrab disapa Nana ini menuturkan, kegiatan donor darah ini adalah kegiatan rutin di SHB setiap tahunnya. Donor darah ini menjadi bentuk kepedulian warga SHB terhadapa kebutuhan darah di Banyumas. 

"Darah kan menjadi salah satu hal penting di dunia kesehatan, banyak kasus-kasus di RS yang pasien membutuhkan darah jadi donor darah ini menjadi upaya kami (SHB)," ujar Nana. Ia mengungkapkan, sebagai salah satu STIKes, SHB merasa bertanggung jawab untuk ikut menyumbang darah untuk kebutuhan darah di Banyumas khususnya.

Dalam kegiatan donor darah ini pihak kampus ingin meningkatkan kesadaran kaum muda khususnya mahasiswa tentang pentingnya donor darah dan manfaat yang akan diberikan kepada penerima donor nanti. "Saya juga ingin mengajak mahasiswa untuk menjadikan donor darah sebagai gaya hidup sehat yang bisa bermanfaat bagi kesehatan pendonor," ungkapnya.

Dalam acara donor darah tersebut, total pendonor mencapai 116 orang yang terdiri dari mahasiswa dan para karyawan SHB. Donor darah ini bersifat sukarela jadi warga SHB bebas mendonorkan darahnya tanpa ada paksaan. Calon peserta yang mendaftar mengisi blangko formulir yang disediakan oleh PMI. Kemudian setelah terisi dilakukan pengecekan kembali oleh petugas. 

"Ini hampir seluruhnya dapat donor, namun sebagian kecil lainnya tidak bisa karena kondisi tekanan darah yang tidak memenuhi syarat, Hb rendah, dan riwayat konsumsi obat," jelasnya.

Kegiatan donor darah ini juga melibatkan duta kampus serta relawan 10 relawan asal Belgia yang turut membantu. "Kami juga berterimakasih kepada ketua Yayasan Tileng, Bapak Tekad yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini," pungkasnya. (ali)

Dies Natalis Donor Darah 

Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu