S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date3 May 2018 8:41 am
ByAdministrator
Views58

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

SHB Dampingi Kegiatan PILAR

Date3 May 2018 8:41 am
ByAdministrator
Views58

PURBALINGGA - STIKES Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto mendampingi  kegiatan Program Kemitraan Masyarakat tentang Program Integrasi Lansia dan Reproduksi (PILAR) di Bina Keluarga Lansia dan Bina Keluarga Remaja Desa Toyareka, Kecamatan Kemangkon, Purbalingga. 

Kegiatan ini merupakan  salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang dibiayai DRPM Ditjen Penguatan Risbang RISKTEKDIKTI untuk anggaran dan pelaksanaan tahun 2018.

Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat (Pengabmas) Feti Kumala Dewi SST MKes mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat internal tentang pemeriksaan asam urat dan gula darah sudah pernah dilaksanakan. 

Namun karena dana internal terbatas, maka sasaran yang dapat mengikuti baru sekitar 23 ibu. "Masih banyak sasaran ibu-ibu lain yang ingin ikut berpartisipasi tetapi belum bisa diikutkan sehingga program ini diajukan untuk kompetetif nasional," katanya.

Kegiatan ini dilakukan Rabu 21 Maret 2018 di Gedung Serbaguna Desa Toyareka untuk kegiatan Bina Keluarga Lansia, Sabtu 24 Maret 2018 di Kegiatan posbindu Desa Toyareka dan Minggu 25 Maret 2018 untuk kegiatan Bina Keluarga Remaja

Menurut dia,  materi pelatihan yaitu kesehatan lansia seperti screening tekanan darah, berat badan, tinggi badan, asam urat, gula darah dan kolesterol. Kesehatan reproduksi juga diajarkan seperti penyakit menular seksual, unmeet need, metode KB pil, suntik, implant, IUD, MOW, MOP. 

Selain leaflet dan buku, alat yang digunakan yaitu alat screening asam urat, kolesterol dan gula darah (Nesco), peralatan pelayanan KB untuk  Bina Keluarga Reproduksi.

Hasil pemeriksaan gula darah di Bina Keluarga Lansia didapatkan data dengan nilai tekanan darah yang tinggi (>140 mmhg) sebanyak 16 ibu (32%) dan yang normal (<140 mmhg) sebanyak 34 ibu (68%). 

Sedangkan di Posbindu Desa Toyareka didapatkan data dengan nilai tekanan darah yang yang tinggi (>140 mmhg) sebanyak 22 ibu (36,67%) dan yang normal (<140 mmhg) sebanyak 38 ibu (63,33%). 

Program Kemitraan Masyarakat  ini masih berlanjut dengan pendampingan kepada kader dan anggota  mengenai screening tekanan darah, berat badan, tinggi badan, asam urat, gula darah dan kolesterol . 

Monitoring hasil pemeriksaan kepada peserta dengan tekanan darah tinggi serta kadar asam urat, gula darah dan kolesterol yang melebihi batas normal. Rencana tindak lanjut dan monitoring akan dilaksanakan pada bulan  Mei – Juli tahun 2018. (ali)


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu