S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date17 October 2016 9:02 am
ByAdministrator
Views94

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

SHB Berikan Materi Waspada Penyakit Kusta


Date17 October 2016 9:02 am
ByAdministrator
Views94

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id — STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto, pada Jumat (7/10) lalu, mengadakan kuliah pakar tentang waspada terhadap penyakit kusta. Dalam kuliah tersebut, SHB memanggil pembicara dari RSMS Purwokerto yaitu dr Lilik Karsono, Sp,KK.

Koordinator Mata Kuliah Integumen SHB Purwokerto, Indri Heri Susanti, SKep, MKep mengatakan, dalam kuliah pakar tersebut dijelaskan tentang ciri-ciri, gejala awal, dan pencegahan terhadap penyakit kusta. Beberapa materi itu, kata dia sangat penting untuk disampaikan. Sebab kebanyakan orang, belum mengenal penyakit kusta itu sendiri.

"Materinya dari yang mendasar hingga yang mendalam. Karena menurut dr Lilik, banyak masyarakat belum mengenal penyakit kusta sendiri,"kata dia.

Dalam materi tersebut, tutur Indri, ternyata penyakit kusta sangatlah berbahaya. Pasalnya, penyakit yang termasuk dalam kategori penyakit kulit ini dapat menular. Padahal, apabila penderita kusta yang sudah cukup parah, dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit, saraf-saraf, anggota gerak, dan mata.

"Bahkan penyakit ini apabila sudah parah, jari-jari atau anggota badan penderita perlahan demi perlahan dapat rontok dengan sendirinya,"terang dia.

Indri menambahkan, dr Lilik selain spesialis penyakit kulit, beliau juga termasuk aktif mengkampanyekan bahaya akan penyakit lepra. Dia mengatakan, bahkan dr Lilik mengajak untuk melihat langsung penderita kusta yang ada di RS Kelet, Kabupaten Jepara. Tujuannya untuk observasi langsung seperti apa penyakit kusta itu bekerja.

"Istilahnya field trip. Kita diajak oleh dr Lilik dengan mengunjungi langsung ke rumah sakit khusus penderita kusta,"tandasnya.

Peserta Kuliah pakar ini diikuti oleh mahasiswa program alih jenjang SHB. Kebetulan juga, mayoritas peserta merupakan petugas medis yang bekerja di rumah sakit atau instansi kesehatan lainnya. Sehingga diharapkan kegiatan ini akan langsung memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang penyakit kusta secara mendalam.(rez)


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu