S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date19 November 2016 9:14 am
ByAdministrator
Views52

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

SHB Ajak Guru BK Pahami Perkembangan Remaja Gelar Seminar Nasional Bersama Guru BK SMA


Date19 November 2016 9:14 am
ByAdministrator
Views52

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id —  Fenomena perkembangan remaja dan pergaulan yang semakin tidak terkendali membuat ketar-ketir para orang tua. Kondisi tersebut menggugah Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Harapan Bangsa (SHB) untuk memberikan pemberikan pengetahuan dengan seminar yang diselenggarakan di Gedung C STIKes HB Purwokerto, Kamis (17/11). Acara diikuti seluruh guru Bimbingan Konseling (BK) SMA/SMK di Barlingmascakeb dan Kedu.

Kepala Biro Kerjasama Hubungan Internasional dan Promosi SHB, Madyo Maryoto SKep Ns MNS mengatakan, seminar nasional mengambil tema "Stimulasi Perkembangan Usia Remaja: Efikasi Diri Pada Siswa SMA/SMK/Sederajat." Seminar diharapkan meningkatkan pemahaman dan memotivasi guru dalam menyambut peluang sekaligus tantangan dalam stimulasi perkembangan usia remaja.

"Jadi kami sengaja memilih jenjang SMA karena mereka nantinya akan melanjutkan pendidikan ke tingkat perkuliahan. Sebelumnya perlu ada persiapan serta mencari potensi yang dimulai dari dini," katanya.

Supaya lebih mengena, pada seminar tersebut juga mendatangkan pembicara berkompeten di bidangnya. Pembicara pertama ada Achara Suksamran Ph D dari Prachomklao Nursing Collage Thailand. Achara menyampaikan dampak buruk dari siswa yang mengalami pergaulan bebas hingga berdampak pada hal belum semestinya terjadi.

"Siswa SMA di Thailand ada juga terjerumus pergaulan bebas sampai hamil di luar nikah. Tapi tetap diberi kompensasi dapat melanjutkan sekolah setelah melahirkan," katanya.

Achara menuturkan, untuk pergaulan siswa terutama di sekolah, sudah sepatutnya menjadi tanggungjawab guru BK untuk memantau dan terus mengarahkan dalam memilih teman. Suapaya menjadi pribadi yang baik, tetap berteman dengan yang dapat membawa dampak positif.

Pembicara lainnya adalah Ririn Isma Sundari SKep Ns MKep dari SHB Purwokerto. Ririn memberikan materi bagaimana mengarahkan siswa memiliki sikap terbuka untuk menceritakan permaslahan yang dihadapi. Sehingga tidak menimbulkan kegelisahan dan kecemasan yang dapat mengganggu konsentrasi belajar. "Biasanya berimbas pada perilaku yang sedikit aneh, yang kadang bisa berdampak pada kesurupan," tutur Ririn.

Ririn menghimbau pada para guru BK, supaya memberikan energi positif dan ilmu religi. Selain itu juga saling menyemangati antar teman. (ely/acd)


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu