S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date25 July 2016 2:42 pm
ByAdministrator
Views29



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

SHB Adakan Try Out Kompetensi D3 Keperawatan

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id - STIKes Harapan Bangsa (SHB) pada Selasa (19/7) mengadakan try out uji kompetensi D3 keperawatan. Kegiatan ini sebagai persiapan bagi mahasiswa yang diikuti oleh 90 mahasiswa SHB dan 37 mahasiswa dari UMP.

Dosen SHB Murniati, S.Kep, Ners, M.Kep mengungkapkan, try out dimulai sejak Pukul 07.00 hingga 11.30 WIB. Namun sebelumnya sejak Pukul 07.00 sampai 08.00 WIB, dilakukan briefing dan menata soal ujian. Selama tiga setengah jam, mahasiswa mengerjakan soal sebanyak 180 buah soal.

"Jadi mahasiswa diberikan waktu satu soal selama satu menit yang bentuk seluruh tesnya yakni tertulis,"ujarnya.

Kegiatan yang dilakukan selama satu hari ini, sudah dilakukan persiapan. Meski materi ujian adalah materi yang selama ini sudah diperoleh bagi mahasiswa, persiapan dilakukan satu hari sebelumnya. Tujuannya agar ketika mengerjakan try out ini, mahasiswa tidak mengalami kepanikan atau kebingungan saat mengerjakan soal ujian.

"Meski sifatnya sekedar try out, kita berupaya lakukan persiapan dari bentuk soal ujian, kertas jawaban hingga yang lainnya,"tutur dia.

Ke 127 mahasiswa ini terbagi atas lima kelas. Tiap kelas diisi oleh 25 hingga 26 mahasiswa. Untuk tiap kelas disediakan enam pengawas, terdiri dari lima pengawas lokal, dan satu pengawas regional yang didatangkan dari provinsi. Kehadiran pengawas regional juga sebagai pembagi soal ujian yang didatangkan langsung dari provinsi.

"Soal pun bentuknya masih tersegel dan langsung dibawah oleh pengawas regional, walaupun try out namun teknisnya disamakan persis dengan ujain aslinya,"imbuh dia.

Dengan adanya aturan baru tentang ujian kompetensi yang seluruh bentuknya tertulis, diharapkan seluruh aspek akan mampu mencakup kesiapan bagi mahasiswa. Diakuinya tyr out ujian ini mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor mahasiswa. Jika sebelumnya ujian untuk aspek psikomotor masuk dalam metode ujian berbentuk praktik.

"Ujian kali ini memang seluruhnya menggunakan metode Paper Base Test menyamakan dengan yang lainnya,"katanya.(rez)


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu