S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date17 October 2016 9:00 am
ByAdministrator
Views33



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

SHB Adakan Pelatihan Kegawatdaruratan

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id — Dalam mempersiapkan lulusannya, STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto, pada 29 September sampai 2 Oktober lalu mengadakan Pelatihan Penanganan Kegawatdaruratan (PPGD) kerjasama dengan Ambulan 119 Jakarta. Berlokasi di halaman SHB, pelatihan ini diikuti oleh 122 mahasiswa dari Prodi Profesi Ners dan juga mahasiswa kampus lainnya.

Koordinator PPGD SHB Refa Teja Muti, SKep, Ners mengatakan, tujuan dari kegiatan ini agar meningkatkan kompetensi dan pelayanan kepada masyarakat ketika masuk dunia kerja. Sebab ketika nantinya sudah lulus, pelayanan pra-rumah sakit, pelayanan dalam keadaan bencana, maupun pelayanan medis di rumah sakit, sebagai kebutuhan penting mereka.

"Agar mahasiswa mampu menghadapi kondisi darurat seperti apapun saat ditempat kerjanya,"ujarnya.

Dia mengatakan, selama kegiatan berlangsung mahasiswa tidak hanya mendapat teori, namun juga praktek langsung. Khusus untuk praktik, peserta diberikan pelatihan seperti pemadaman api, RJP (Resusitasi Jantung Paru), Initial Assesment Trauma, Initial Assesment Cardiac, dan Stabilisasi Muskuloskeletal Spinal Cord Injuri, DC Shock.

"Jadi materi kegawatdaruratannya menyesuaikan dengan standar rumah sakit,"imbuh Refa.

Tujuan lainnya, kata Refa untuk memperkaya skill mahasiswa supaya menghasilkan lulusan keperawatan yang berkompeten di era global. Dan para peserta juga akan mendapatkan sertifikasi PPGD. Dia menuturkan, sertifikasi ini sebagai prasyarat untuk menjalani praktik klinik di unit gawat darurat rumah sakit.

"Diklat ini merupakan wujud rill pelaksanaan visi dari SHB yang mencetak lulusan yang berkompeten,"jelasnya.(rez)


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu