S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date12 May 2016 8:56 am
ByAdmin is trator
Views22


Sosok

Seorang perawat harus bisa kerjasama

Sosok Tri Sumarni S.Kep Ns M.Kep - Seorang perawat harus bisa kerjasama

Waktu muda, Tri Sumarni lebih senang mengerjakan tugas sendirian. Hal-hal yang biasanya dikerjakan berkelompok lebih suka ia kerjakan sendiri. Namun saat mengambil study lanjut S2, yang terjadi malah sebaliknya. Tri Sumarni S Kep Ns M Kep mengambil subjek manajemen Keperawatan. Karena itu, subjek belajar yang lebih disentuh adalah tentang bagaimana cara bekerjasama dengan orang lain.

‚ÄčTri Sumarni melihat hal ini menjadi motivasi baginya. Kebiasaannya mengerjakan tugas-tugasnya sendiri diubah drastis dalam menyelesaikan study S2. Ia beranggapan, apa yang sudah menjadi pilihannya harus ia cintai. Menurut ibu satu anak ini, manajemen adalah seni, seni untuk bisa mengajak orang dalam bekerjasama.

"Selain kemampuan medis, seorang perawat harus bisa manajeman juga dong. Intinya bisa kerjasama," ungkap ibu sau anak ini.

Ia melihat, selain kemampuan teknis yang dibutuhkan oleh seorang perawat, kemampuan bekerjasama juga sangat diperlukan dalam prakteknya. Cabang ilmu inilah menjadi salah satu elemen yang mendukung dalam upaya melahirkan generasi perawat yang handal di bidang teknis dan manajemen.

Dalam mengajar, Tri Sumarni banyak melakukan praktek manajemen Keperawatan. Yang terbaru adalah Pelatihan Perawat Gawat Darurat (PPGD). Hal tersebut menjadi salah satu cara untuk menunjukan fungsi nyata dari kerjasama bahkan sampai manajemen keperawatan.

"Banyak dalam manajemen keperwatan yang bisa dipelajari oleh calon perawat, jadi tetap junjung rasa gotong royong dan kerjasama," pungkas Tri. (stw)





© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu