S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date21 June 2016 1:47 pm
ByAdmin is trator
Views23


Berita SHB

Semangat Dukung Kesehatan Lansia

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id - STIKes Harapan Bangsa Purwokerto (SHB) menggerakan para lansia di sekitar Pukesmas Purwanegara 1 Banjarnegara pada program pemeriksaan kesehatan lanjut usia, baru-baru ini. Kegiatan ini merupakan bagian dari program iptek bagi masyarakat hasil kerjasama dosen dan mahasiswa.

Dalam kegiatan itu, para lansia yang berada di sekitar pukesmas dikumpulkan guna bersama-sama melakukan senam lansia, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan tentang nyeri pinggang non spesifik atau akibat kompilasi penyakit. Pemaparan dilakukan oleh Madyo Maryoto S Kep Ners MNS yang sekaligus menjadi ketua program. Dalam pemaparannya, Madyo juga memberikan solusi untuk mengatasi nyeri non spesifik tersebut.

Program ini dibuat bukan tanpa landasan, Madyo Maryoto mengatakan, jumlah lansia di Indonsia setiap tahunnya meningkat dengan konsisten, hal ini harus diimbangi dengan pemeliharaan kesehatan pada lansia. Semakin bertambahnya usia tentu akan mengurangi fungsi organ tubuh, sekaligus akan ada indikasi-indikasi penyakit yang timbul. Berangkat dari hal tersebut, SHB memlalui program ini ingin ikut andil dalam upaya preventive dan promotif terhadap lansia.

"Upaya ini dilakukan untuk mencegah keadaan kesehatan yang lebih parah. Selama ini banyak tenaga kesehatan hanya melakukan upaya pengobatan saja tapi tidak dengan upaya pencegahan ini," ujarnya saat ditemui di SHB.

Kegiatan ini juga melibatkan dua mahasiswa dalam kegiatan, seperti pembagian leaflet dan CD senam lansia. Kegiatan yang melibatkan pihak puksesmas ini lanjut Madyo, bertujuan untuk meningkatkankebugaran tubuh dan kualitas hidup para lansia tentunya. Dengan awal kegiatan yang diadakan oleh SHB ini tentu pihak SHB tidak ingin berhenti pada kegiatan ini saja. Keberlanjutan program yang dilakukan secara mandiri tentu juga diharapkan oleh SHB.

"Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan para lansia dalam menjaga dan meningkatkan status kesehatannya, juga para lansia dapat melaksanakan senam secara rutin di rumah masing – masing menjadi salah satu harapan dan manfaat kedepan yang bisa dirasakan para lansia di daerah Purwanegara dan sekitarnya," pungkasnya. (stw)





© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu