S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date27 May 2017 9:21 am
ByAdministrator
Views60

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Sekitar Kesehatan Mudik

Date27 May 2017 9:21 am
ByAdministrator
Views60

Sekitar Kesehatan Mudik


Pertanyaan : 

Pengasuh rubrik konsultasi yang saya hormati. Saya mempunyai anak berusia 3 tahun yang biasanya jika pulang mudik selalu mencret dan perutnya kembung, BABnya encer dan bau anyir serta apabila diberi makan malah menjadi mual dan muntah. Yang ingin saya tanyakan, bagaiamana penanganan yang benar dan seperti apa nutrisi yang baik serta berguna untuk menjaga kesehatan si Kecil ketika sedang dalam perjalanan mudik dengan jarak yang cukup jauh. Bagaimana cara mengatasi agar tidak merasakan mual ketika keluarga juga ada yang mabuk kendaraan dan sampai saat ini masih merasakan mual apabila menaiki kendaraan mobil maupun motor.
BU Hanan, Sokaraja

Jawaban :

Wa’alaikumsalam wr.wb.
Salam sehat Bu Hanan.Terimakasih atas pertanyaanya Bu.Saya akan mencoba menjawab pertanyaan ibu satu persatu.

Pertama, selama anaknya diare tetap harus diberi makan dan minum agar asupan cairan mencukupi. Setiap kali muntah atau diare, ibu harus memberi minum sebanyak 100 cc cairan bisa berupa oralit atau susu. Diare bisa disebabkan karena infeksi virus ataupun bakteri. Namun lebih sering karena virus yang dapat sembuh dengan sendirinya. Jika diare tidak kunjung membaik dalam waktu 3 hari atau anak mengalami muntah muntah hebat hingga tidak dapat diberi makan minum sama sekali, sebaiknya cari pertolongan medis.

Kedua, tidak ada nutrisi khusus yang disarankan. Berikanlah makanan dan minum seperti biasa sesuai dengan pola gizi seimbang. Perhatikan asupan cairan karena dalam perjalanan jauh cenderung membutuhkan cairan lebih banyak. Berikan buah buahan untuk meningkatkan asupan vitamin dan antioksidan.

Terakhir, sebagian orang memang lebih sensitif terhadap efek dari mabuk jalan. Coba atasi gejala yang anda alami dengan mengkonsumsi obat anti mabuk jalan yang tersedia dipasaran sesuai dosis dan aturan pakai. Bila tidak ada perbaikan, periksakan diri kedokter untuk didiagnosa dan mendapat penanganan yang tepat. Semoga informasi ini membantu, salam sehat.

Terimakasih, semoga Bermanfaat.

(Diasuh oleh : Wasis Eko Kurniawan, S. KM., MPH- Dosen Keperawatan Komunitas STIKes Harapan Bangsa Purwokerto) 


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu