S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date10 October 2016 8:59 am
ByAdministrator
Views78

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

PKMD SHB Majukan Dua Kecamatan


Date10 October 2016 8:59 am
ByAdministrator
Views78

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id — Tim Praktik Pembangunan Kesehatan Masyarakat (PKMD) mahasiswa D III Kebidanan, Stikes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto telah berhasil memajukkan Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga. Kegiatan yang ditutup pada Minggu (25/9) lalu ini berhasil membentuk posdaya-posdaya baru bagi warga Kecamatan Kemangakon.

Ketua LPPM SHB Ema Wahyuningrum, SST, M.Kes menuturkan, posdaya baru yang telah terbentuk tepatnya berada di dua desa yakni di Desa Kemangkon dan Desa Majatengah. Dia mengungkapkan, untuk posdaya yang terbentuk di Desa Kemangkon seperti taman bacaan, home industri untuk pembuatan bros sulam, pelatihan tanaman obat rumah tangga (toga), pelantikan unit kesehatan kerja, pelantikan satgas antinarkoba dan pelantikan satgas PSN.

"Untuk di Desa Kemangkon kita telah berhasil membentuk enam posdaya," ujarnya.

Untuk di Desa Majatengah, kata Ema, posdaya yang terbentuk antara lain pelatihan pembuatan plastik bekas, fasilitasi bank sampah, pendidikan PAUD dan SD, pelantikan PSN, pelantikan BNN, dan membuat laboratorium gratis bagi lansia dan ibu hamil. Khusus posdaya yang terakhir, kata dia, merupakan program unggulan dari posdaya yang ada di Desa Majatengah.

"Alhamdulillah di Desa Majatengah juga kita telah berhasil membuat posdaya baru," tutur dia.

Koordinator PKMD SHB wilis Sukmaningtyas, SST, MKes menjelaskan, sesuai dengan program tahun 2016 dari Korwil III Unsoed, posdaya ini mencakup empat pilar yakni pilar kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan. Program posdaya tahun ini diikuti oleh 72 mahasiswa D III Kebidanan. Program ini juga lanjutan dari program serupa pada tahun lalu dalam hal penambahan jumlah posdaya.

"Program ini merupakan lanjutan dan pengembangan dengan menambah posdaya yang sudah terbentuk ditahun lalu. Salah satu contoh posdaya yang bertambah seperti pelantikan satgas BNN," terang dia.

Dia mengungkapkan, dalam acara penarikan mahasiswa dihadiri oleh dua kepala desa yakni Sarkono sebagai Kades Majatengah dan Sarengat dari Kades Kemangkon. Selain itu, turut hadir juga camat, perwakilan dari Bapermades, Polsek, puskesmas, dan LPPM Unsoed.

"Acara penutupan dihadiri seluruh stakeholder yang mewakili seluruh program dari posdaya tahun ini. Kita sangat berterimakasih kepada seluruh pihak karena posdaya tahun ini berjalan sukses dan lancar," katanya.(rez)


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu