S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date3 September 2018 7:49 am
ByAdministrator
Views30

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

PG/TK Nakita Insan Mulia Dilatih Deteksi Tumbuh Kembang Dengan KPSP


Date3 September 2018 7:49 am
ByAdministrator
Views30

PURWOKERTO - PG/TK Insan Mulia Purwokerto dilatih mendeteksi tumbuh kembang dengan Kuisioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) pada guru. Kegiatan pengabdian masyarakat Stikes Harapan Bangsa tersebut digelar Sabtu (12/5) kemarin. 

Koordinator kegiatan Ikit Netra Wirakhmi, SST, M.Kes (dosen Prodi Kebidanan D3 STIKES Harapan Bangsa Purwokerto sebagai ketua) mengatakan, KPSP merupakan salah satu alat skrining/ deteksi yang diwajibkan oleh Depkes untuk digunakan di tingkat pelayanan kesehatan primer.

"KPSP merupakan suatu daftar pertanyaan singkat yang ditujukan kepada para orang tua dan dipergunakan sebagai alat untuk melakukan skrining pendahuluan perkembangan anak usia 3 bulan sampai dengan 72 bulan," katanya.

Ikit menambahkan, tujuan penggunaan KPSP adalah untuk mengetahui apakah perkembangan anak normal atau terdapat penyimpangan. Adapun jadwal pemeriksaan KPSP rutin adalah pada umur 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 30, 36, 42, 48, 54, 60, 66, dan 72 bulan.

"Instrumen ini ditujukan bukan hanya untuk tenaga kesehatan di Puskesmas dan jajarannya saja (dokter, bidan, perawat, ahli gizi, penyuluh kesehatan masyarakat, dan tenaga kesehatan lainnya yang peduli anak). Tetapi juga untuk petugas sektor lainnya dalam menjalankan tugas melakukan stimulasi dan deteksi dini penyimpangan tumbuh kembang anak," ucapnya. 

Pengasuh atau guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan salah satu mitra tenaga kesehatan dalam melakukan stimulasi dan deteksi dini penyimpangan tumbuh kembang anak. 

Kegiatan yang diikuti oleh 20 guru tersebut terlaksana dari anggota tim lainnya yakni Dwi Novitasari, S.Kep, Ns, M.Sc (dosen Prodi Farmasi S1 STIKES Harapan Bangsa Purwokerto sebagai anggota). Dibantu Oleh mahasiswa tingkat akhir Lintang Yosie P (mahasiswa Prodi Kebidanan D3 STIKES Harapan Bangsa Purwokerto). Serta Neni Fajri (mahasiswa Prodi Kebidanan D3 STIKES Harapan Bangsa Purwokerto). (ida)


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu