S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date25 October 2016 9:04 am
ByAdmin is trator
Views17


Berita SHB

Petugas Laborat SHB Diberi pelatihan Di Yogyakarta

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id — STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto, terus menerus berupaya meningkatkan kualitasnya. Terbaru, dua petugas laboratoriumnya diikutkan dalam pelatihan di Hotel Cakra Kembang, Yogyakarta. Pelatihan yang diadakan pada Selasa-Rabu (18-19/10) lalu ini diisi dengan materi pengelolaan manajemen, konsep, penyusunan SOP laporan monitoring, dan evaluasi konsepta K3 di laboratorium.

Dalam pelatihan tersebut, SHB mengirimkan dua petugas laboratoriumnya. Dua petugas laboratorium itu atas nama Ari Budi Santosa S.Kep, Ns dan Gordi Andrian S.Kep. Dalam dua hari pelatihan itu, perwakilan SHB ini mengikuti pelatihan perdananya yang diadakan oleh Poltekes Dinkes dan PPNI Provinsi Yogyakarta.

Salah satu petugas Laboratorium SHB Gordi Andrian SKep menuturkan, pada hari pertama para peserta diberikan pengarahan dari panitia tentang materi yang akan disampaikan. Dilanjutkan pada hari kedua mengadakan diskusi tentang materi yang sudah disampaikan itu.

"Pada hari pertama panitia menyampaikan seluruh materi yang akan disampaikan, baru kemudian seluruh materi tersebut kita diskusikan antara panitia dan peserta," katanya.

Dia mengatakan, selama pelatihan yang diikuti 32 peserta ini juga memaparkan sarana dan fasilitas yang sesuai standar. Dalam penyampaian itu, panitia menampilkan beberapa sarana dan fasilitas laboratorium secara langsung. Tujuannya kata dia, agar peserta langsung memahami materi yang disampaikan.

"Dalam menyampaikan materinya, panitia yang selaku mentor menampilkan langsung berbagai sarana dan fasilitas tentang kelaboratoriuman," kata dia.

Setelah mengikuti pelatihan ini, lanjut Gordi mengaku mendapatkan banyak manfaatnya. Menurut dia, setelah mengikuti pelatihan menjadi lebih mengerti bagaimana standar pengelolaan laboratorium yang baik. Misalnya seperti perawatan alat laboratorium. Sampai kepada bagaimana teknik manajemen pengelolaan laboratorium selain tentunya mendapatkan sertifikat sebagai persyaratan salah satu akreditasi kampus.

"Selain untuk mendapatkan akreditasi dari Lamptekes, juga menjadi lebih mengetahui bagaimana meningkatkan mutu pengelolaan, pelayanan, dan perawatan akan laboratorium kepada dosen dan mahasiswa kampus,"sambung dia.(rez)





© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu