S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date4 March 2016 10:06 am
ByAdministrator
Views43



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

Peserta PKMD Diminta Dukung PSN

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id - STIKes Harapan Bangsa Purwokerto (SHB) mengadakan pembekalan Pra Praktik pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) Prodi D3 Keperawatan pada Rabu, (24/02) sampai Jumat, (26/02). Para calon peserta PKMD itu diminta ikut mendukung pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di lingkungan tempat lokasi PKMD.

Kegiatan pembekalan ini merupakan agenda rutin prodi D3 untuk membekali mahasiswa tentang gambaran praktik PKMD serta Program kebijakan kesehatan Kabupaten Banyumas.Berbagai materi disampaikan oleh para ahli untuk kesuksesan PKMD di lapangan nanti. Di hari pertama, pembekalan diberikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Banyumas, Sadiyanto SKM M Kes. Dia menyampaikan tentang kondisi Banyumas yang sedang dalam Kondisi Luar Biasa untuk Demam Berdarah. Dia berharap agar mahasiswa bisa ikut mendukung program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di kalangan masyarakat. Di hari yang sama, pihak desa juga memberi pengenalan tentang profil Kesehatan Puskesmas Kedungbanteng, profil Desa Dawuhan kulon dan desa Dawuhan Wetan.

Dihari kedua dan terakhir, sementara salah satu dosn SHB, Madyo Maryoto S Kep MNS menyinggung tentang pemberian pelayanan keperawatan komunitas yang meliputi individu, keluarga, kelompok khusus dan komunitas. pembekalan terakhir diisi oleh ketua Komite Keperawatan komunitas, Fajar Tri Asih S Kep Ns M Kes. Ia menerangkan tentang tugas dan tanggung jawab perawat, hal ini menjadi sangat penting untuk diberikan kepada para mahasiswa agar bisa bertanggung jawab penuh di lapangan penuh.

"Pembekalan PKMD ini melibatkan beberapa instansi seperti pukesmas, pihak desa sampai Dinas Keshatan. Hal ini bertujuan agar praktik PKMD berjalan dengan efektif, tepat sasaran," ujar seksi Pembekalan Madyo Maryoto.

Madyo Maryoto juga menyampaikan praktik PKMD menjadi bentuk dukungan SHB terhadap program kebijakan yang sedang di galakan oleh pemerintah Kabupaten banyumas. Dan dari segi perguruan tinggi, kegiatan Praktik yang akan dilaksanakan merupakan bentuk kegiatan tridarma perguruan tinggi yang diantaranya adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat. SHB berupaya untuk bisa berperan aktif di tengah masyarakat, dengan adanya praktik yang sekaligus melatih mahasiswa untuk langsung terjun ke masyarakat

Pelaksanaan PKMD akan dilaksanakan di Desa Dawuhan Kulon dan desa Dawuhan Wetan. Pelaksanaan akan dilakukan pada (29/02) sampai (26/03) nanti dengan 41 mahasiswa di Desa Dawuhan Kulon dan 48 mahasiswa di desa Dawuhan Wetan.

"Diharapkan Program pembangunan Kesehatan Masyarakat desa di dua wilayah tersebut dan dg dukungan dari Warga tokoh dan instansi terkait, bisa berjalan dengan lancar" pungkas Madyo. (stw)


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu