S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date13 March 2016 10:20 am
ByAdministrator
Views43



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

Perwakilan SHB Kunjungan ke Thailand

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id - Beberapa waktu lalu STIKes Harapan Bangsa Keperawatan mengirim mahasiswa dan dosen untuk Student & Faculty Exchange, STIKes harapan Bangsa di Prachomklao College of Nursing di Petchaburi, Thailand. Kedua instansi kesehatan ini memiliki satu keunggulan yang sama yaitu, Keperawatan komunitas yang menjadi progam unggulan di masing-masing instansi. STIKes Harapan Bangsa Purwokerto (SHB) juga memiliki program unggulan di bidang keperawatan komunitas, khususnya kesehatan masyarakat pedesaan. Dalam kesempatan kali ini, SHB berkesempatan untuk bisa melihat keperawatan komunitas di Thailand.

Reni Dwi Setyaningsih, MPH menjelaskan, pada program Student & Faculty Exchange dengan Prachomklao College of Nursing di Petchaburi, Thailand, mahasiswa mendapatkan pengalaman mengaplikasikan praktik home visit atau kunjungan rumah. Hal tersebut merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh perawat komunitas. Di Thailand, mahasiswa dan dosen melakukan salah satu aktivitas yaitu memberikan asuhan keperawatan keluarga pada keluarga dengan risiko tinggi kesehatan. Resiko tinggi tersebut meliputi, pengkajian keluarga, melakukan analisa data, menetapkan masalah kesehatan keluarga, merencanakan tindakan keperawatan serta implementasi. Bukan hanya satu hari, kunjungan rumah atau home visit ini dilakukan selama satu minggu.

Salah satu impelementasi yang dilakukan disana dengan memberikan pendidikan kesehatan pada keluarga terkait masalah kesehatan yang ditemukan, yaitu hipertensi. Aplikasi kegiatan dilakukan secara bersama-sama dengan mahasiswa keperawatan dari Prachomklao College of Nursing, Thailand.

Berpose dengan Dosen dari Prachomklao College of Nursing dan Petugas Kesehatan Masyarakat dari Puskesmas Nong Kha Na, di Elderly Club, di Distrik Takhoi

Selain home visit, rombongan SHB juga melakukan kunjungan ke elderly club atau di Indonesia dikenal dengan posyandu lansia. Mahasiswa dan dosen melakukan aktivitas pengabdian masyarakat berkaitan dengan terapi relaksasi pada lansia di elderly club distrik Takhoi, Petchaburi.

"Aktivitas ini memberikan pengalaman baru kepada mahasiswa tentang bagaimana memberikan asuhan keperawatan pada setting dan budaya yang berbeda," ungkap Reni Dwi Setyaningsih, MPH dosen SHB yang ikut dalam Student & Faculty Exchange di Prachomklao College of Nursing di Petchaburi, Thailand. (stw)


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu