S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date24 June 2017 9:36 am
ByAdministrator
Views46

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Pertolongan Pertama Pada Kegawatdaruratan Anak Di Rumah

Date24 June 2017 9:36 am
ByAdministrator
Views46

Pertolongan Pertama Pada Kegawatdaruratan Anak Di Rumah
Oleh : Maya Safitri, S.ST, M.Kes


-Pertanyaan : Fitri, 30 tahun di Ledug Kembaran

    Maaf ibu pengasuh rubrik konsultasi, saya mau bertanya..saya seorang ibu dengan 4 orang anak yang masih kecil-kecil, anak pertama umur 7 tahun perempuan yang kedua dan ketiga kembar umur 5 tahun laki-laki sampai yang keempat perempuan masih bayi. Yang saya mau tanyakan sebagai seorang ibu apa yang harus dilakukan jika terjadi kecelakaan pada anak-anak saat bermain atau mendadak demam, batuk pilek atau kejang dirumah sedangkan saya sendirian suami tidak dirumah kira-kira obat-obatan apa yang harus ada (P3K) atau mungkin tanaman obat keluarga (TOGA) apa saja yang bisa membantu pertolongan pertama pada sakit atau kecelakaan anak-anak. Terima kasih..

-Jawaban :

    Ibu Fitri yang baik dan cantik sungguh kami salut dengan pertanyaan ibu yang sangat memperhatikan keselamatan anak-anak dirumah. Pertama-tama kita  jangan cemas. Ibu Fitri hidup di masyarakat tentunya tidak sendiri ada tetangga di sekitar rumah kita. Kata orang tetangga kita adalah keluarga terdekat kita yang ada jika keluarga kandung jauh tempatnya, dalam suatu wilayah RT tentunya ada yang namanya dasa wisma yaitu sekumpulan ibu-ibu yang berasal dari 10 rumah yang bertetangga.

    Berawal dari sinilah harapan saling membantu terjalin dari sekitar rumah kita, dalam dasa wisma banyak kegiatan yang bermanfaat untuk para ibu-ibu peserta salah satunya kegiatan penyuluhan kesehatan keluarga, pemberantasan jentik-jentik nyamuk, perkumpulan yang bisa diisi dengan tukar pengalaman dan pengetahuan antar ibu, bisa mempererat kekeluargaan dan juga bisa di isi dengan ketrampilan keluarga yang bisa berasal dari hobi dan berkembang jadi usaha rumahan.

    Untuk kecelakaan pada anak obat yang perlu tersedia dirumah misalnya betadin untuk luka gores, terjatuh berdarah dipermukaan kulit, kemudian bisa plester handiplast untuk luka ringan yang berukuran kecil, kassa, kapas, minyak telon, minyak kayu putih untuk mengurangi kembung dan untuk pijat ringan menghangatkan,untuk panas demam kita bisa sedia obat turun panas anak-anak yang tentunya terjaga tanggal kedaluarsanya, sedia thermometer jika perlu, namun jika kecelakaan cukup parah dan luka cukup dalam mintalah tolong tetangga untuk membantu mendapatkan penanganan lebih lanjut dengan dibawa ke tenaga kesehatan atau fasilitas kesehatan terdekat.

    Selanjutnya tanaman obat keluarga yang biasanya ditanam di pekarangan rumah dan bermanfaat biasanya jahe untuk minuman hangat, daun sirih untuk menghilangkan bau kurang sedap, bawang merah dengan minyak untuk turun panas, bawang putih untuk obat jerawat, jeruk nipis dan kecap untuk batuk, kecombrang dan telur ayam untuk turun panas dan masih banyak lagi informasi yang bisa kita dapat dengan cara sharing dengan tetangga minimal 10 rumah di sekitar kita atau dasa wisma.


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu