S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date18 March 2017 3:46 pm
ByAdministrator
Views37



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Perkembangan Anak Dibawah Normal

Perkembangan Anak Dibawah Normal


Pertanyaan :

Assalamualaikum. Selamat sore Bu bidan. Saya Ibu Ari.Saya mempunyai balita berumur 1 tahun. Sebenarnya saya selama ini sudah memberikan yang terbaik untuk anak saya mulai dari makanan, mainan sampai perawatan bayi seperti pijat bayi. Tapi saya sedih karena anak saya ini termasuk berbeda untuk berat badan dan perkembangannya tidak sama denga anak-anak seumurannya. Anak saya selalu dibanding-bandingkan dengan anak yang lain sehinngga sebagai seorang ibu saya merasa sedih Bu. saya harus bagaimana ya Bu? mohon bantuannya terimakasih.

Ari, Purwokerto


Jawaban :

Walaikumsalam wr wb. Selamat sore juga Bunda Ari.
Bunda Ari yang saya hormati terimakasih atas pertanyaannya. Menurut saya Bunda adalah orang yang hebat yang sudah memberikan yang terbaik untuk ananda. Tidak perlu berkecil hati Bunda karena setiap anak itu mempunyai keunikan sendiri-sendiri. Berbicara soal pertumbuhan dan perkembangan anak, memang kadang-kadang orang tua cemas saat melihat anak sendiri berbeda dengan yang lain padahal seumuran.

Namun perlu kita ingat Bunda bahwa masa bayi adalah masa keemasan sekaligus masa kritis perkembangan. Dikatakan masa kritis karena pada masa ini bayi sangat peka terhadap lingkungan dan dikatakan masa keemasan karena masa bayi berlangsung sangat singkat dan tidak dapat diulang kembali. Hal ini yang membedakan anak dengan dewasa. Anak menunjukkan ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan yang sesuai dengan usianya. Tercapainya pertumbuhan dan perkembangan yang optimal merupakan hasil interaksi berbagai faktor  yang saling berkaitan,  yaitu faktor mgenetik, lingkungan dan perilaku,  serta rangsangan atau stimulasi yang berguna. Halinilah yang menyebabkan perbedaan kecepatan pertumbuhan dan perkembangan tiap anak Bunda. 

Sebetulnya bunda sudah melakukan salah satunya yaitu dengan pijat bayi. Namun demikian dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi, begitu banyak faktor yang mempengaruhi sehingga perlu diupayakan untuk menjaga agar berat badan normal sesuai dengan umur, dengan cara memenuhi kebutuhan gizi bayi baik secara kuantitas maupun kualitas, menjaga lingkungan yang kondusif yaitu membuat suasana tempa ttinggal yang nyaman dan sanitasi yang baik, menjaga kesehatan bayi dengan memberi imunisasi dan kontrol kepelayanan kesehatan.

Begitu pula dengan perkembangannya Bunda karena banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan bayi  yang   tidak diteliti seperti faktor genetik, hubungan interpersonal dengan orang terdekat, posisi anak dalam keluarga, dan berbagaima cara stimulasi yang dilakukan.  Perkembangan anak juga dipengaruhi oleh stimulasi dan psikologis. Rangsangan/stimulasi khususnya dalam keluarga, misalnya dengan penyedia alat mainan, sosialisasi anak, keterlibatan ibu dan anggota keluarga lain akan mempengaruhi anak dalam mencapai perkembangan yang  optimal. Seorang anak yang  keberadaannya tidak dikehendaki oleh orang tua atau yang selalu merasa tertekan akan mengalami hambatan di dalam pertumbuhan dan perkembangan.

Jadi stimulasi yang diberikan orang tua dan keluarga sangat penting dalam perkembangan anak. Karena perkembangan sangat dipengaruhi oleh stimulasi yang diberikan sepertisti ivisual , verbal, auditif, dan taktil yang dapat mengoptimalkan perkembangan anak .Jadi dalam kasus ini Bunda bisa meningkatkan stimulus yang dibutuhkan untuk ananda.

Begitu ya Bunda semoga bermanfaat. Jangan menyerah ya Bunda karena setiap stimulus yang kita berikan sangat bermakna untuk setiap menit kehidupannya. Bunda adalah ibu yang hebat.(Rosi Kurnia Sugiharti SST M.Kes).


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu