S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date25 July 2016 9:16 am
ByAdmin is trator
Views27


Sosok

Perhatikan Mahasiswa Saat Lakukan Praktik

Sosok Lindayanti, SST, M.Keb, Perhatikan Mahasiswa Saat Lakukan Praktik

Sebagai dosen di STIKes Harapan Bangsa, Lindayanti, SST, M.Keb ternyata memiliki kiat pribadi saat memberikan materi praktik laboratorium saat di kelas. Menurut dosen yang sudah pernah memberikan materi di beberapa mata kuliah, praktik laboratorium memiliki cara tersendiri untuk menyampaikan kepada mahasiswa. Salah satunya dengan memperhatikan penguasaan materi dari masing-masing mahasiswa.

‚Äč"Ketika akan praktik, akan ada pengenalan alat praktik. Nah saat itu bagi dosen baiknya perlu mencermati pengetahuan dari mahasiswa,"ujarnya.

Bagi Lindayanti, pengenalan alat merupakan tahapan awal ketika akan memulai tiap materi praktik. Sehingga jangan sampai alat yang dipilih dan diambil, mahasiswa tidak mengetahui pengetahuan tentang itu. Pengenalan dan memahami alat ini penting, agar ketika memasuki ujian tertulis, mahasiswa akan tahu dan mengerti fungsi alat itu.

"Seperti alat praktik suntik dan lain-lain, nantinya ini akan berguna ketika mahasiswa saat menghadapi tes tertulis,"jelas dia.

Meski sebelum masuk di minggu kedua, materi akan ditanyakan kembali atau evaluasi di kelas. Cara ini agar mahasiswa dan dosen mampu melihat apa yang kurang dalam menyampaikan materi perkuliahan. Karena kebanyakan materi yang disampaikan, berhubungan dengan kehamilan.

"Materi terkait kehamilan memang penting bagi perawat, sebab akan berhadapan dengan kondisi krusial dengan cepat tanggap kepada fisik dan psikososial dari si ibu," terangnya.

Dia mengungkapkan, hampir sepuluh tahun dirinya mengajar praktik yang dekat dengan kehamilan atau maternitas. Meski diakui materi praktik ini terbilang berat bagi mahasiswa kebanyakan. Sehingga dia pun memiliki cara sendiri untuk menghilangkan kepenatan diantara mahasiswa yang diajarkannya.

"Beberapa kali sering menghadapi praktik kehamilan saat sudah siang, maka disiasati dengan bertukar peran antara mahasiswa dengan saya agar tetap fokus saat menerima materi kuliah," imbuh dia.





© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu