S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date21 November 2016 1:55 pm
ByAdministrator
Views52

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Pentingnya Mengetahui Rhesus Ibu Sebelum Kehamilan

Date21 November 2016 1:55 pm
ByAdministrator
Views52

Pertanyaan (Lenny, 27) : 

Saya baru saja menikah 2 bulan lalu dan ingin segera memiliki keturunan. Tetapi saya pernah mendengar jika darah ibu dan bayinya tidak cocok kalau tidak salah itu tentang (rhesus) dapat mengakibatkan kecacatan. Apakah itu benar bu? Mohon penjelasanya, terimakasih banyak.

Jawaban (Linda Yanti, S.ST, M.Keb, Tim Konsultasi Kesehatan Stikes Harapan Bangsa Purwokerto) :

Hallo ibu Lenny.Pertanyaannya menarik sekali. Merencanakan kehamilan, mengandung, melahirkan dan membesarkan anak merupakan salah satu kebahagiaan teramat besar bagi seorang wanita. Dalam dunia medis dikenal banyak sekali cara penggolongan darah, tetapi yang biasa dipertimbangkan hanya 2 cara penggolongan yaitu sistem ABO dan faktor rhesus.

Rhesus adalah jenis antigen yang ada pada sel darah merah. Rh+: memiliki kandungan antigen dan Rh-: tidak memiliki kandungan antigen. Biasanya masyarakat Indonesia cukup akrab dengan penggolongan darah A, B, AB dan O tetapi mengenai faktor rhesus sepertinya masih sedikit sekali yang mengetahuinya sekalipun rhesus (Rh) sangat penting dalam masalah darah. Orang Asia dan Afrika 90% memiliki rhesus (+) berbeda dengan orang berkulit putih seperti Amerika, Eropa, Arab yang memiliki rhesus (-).

Intinya jika Rhesus ibu tidak sesuai dengan Rhesus janin maka sel darah ibu akan menghancurkan sel darah janin karena sel darah janin dianggap benda asing dalam tubuh ibu. Dampak yang ditimbulkan mulai dari keguguran, kerusakan sel darah merah janin yang mengakibatkan berwarna kuning, kerusakan otak, gagal jantung, anemia hingga kematian janin. Kondisi ini akan lebih buruk jika pada kehamilan kedua sang ibu memproduksi kekebalan lebih banyak lagi dibandingkan kehamilan pertama. Semoga penjelasan ini dapat menjawab pertanyaan ibu Lenny. Terimakasih.


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu