S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date10 March 2018 10:23 am
ByAdministrator
Views80

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Pengobatan Diabetes dengan Herbal

Date10 March 2018 10:23 am
ByAdministrator
Views80

Pengobatan Diabetes dengan Herbal

Assalamualaikum wrwb...saya Dian dari Purwokerto, mau menanyakan. Bapak saya menderita Diabetes bahkan dokter telah memberikan suntikan insulin untuk digunakan setiap harinya. Tetapi belakangan ini gula darahnya sering naik, sehingga Bapak saya juga meminum obat herbal yang dibeli atas saran teman. Apakah ini aman? Terimakasih

Jawaban:
Waalaikumsalam wrwb, Mba Dain perlu saya sampaikan bahwa penyakit Diabetes sekarang ini kasusnya memang meningkat luar biasa, termasuk di Indonesia. Salah satu faktor resiko meningkatnya kasus ini adalah perubahan gaya hidup seperti pola makan dan aktifitas fisik.     Kita saat ini lebih banyak duduk dan sedikit bergerak, serta makan pun tidak sehat serta bertambah banyak. Diabetes atau Kencing Manis adalah penyakit jangka panjang dimana gula darah diatas normal.

Sel-sel tubuh manusia membutuhkan gula atau glukosa untuk bekerja secara normal. Insulin bekerja mengikat gula darah untuk masuk kedalam otot. Insulin yang kurang akan menyebabkan gula darah tetap berada dialiran darah, sehingga gula darah tinggi pada penderita Diabetes. 

Target pengendalian gula darah pada Diabetes adalah sebagai berikut: HbA1c < 7% (optimal bila < 6,5%), Gula darah puasa 80-130mg/dL (optimal bila <110 mg/dL),  Gula darah 2 jam post prandial (setelah makan) < 180 mg/Dl.

Penyakit Diabetes tidak dapat disembuhkan secara total, bahkan dengan obat herbal yang katanya hebat sekalipun. Tetapi bisa dikontrol kadar gula darah tetap normal, agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan lain. 

Departemen Kesehatan Indonesia tidak merekomendasikan penggunaan terapi tunggal tanaman Herbal, tetapi untuk tetap dikombinasi dengan obat dokter  baik oral maupun insulin. Cara pemakaiannya untuk diberi jeda waktu 3jam. 

Carilah obat herbal yang sudah teruji secara klinis, maksudnya telah dibuktikan secara langsung pada manusia terkait kemampuan dan efek samping. Penyandang Diabetes yang sudah lama dan tidak terkontrol pada umumnya akan mengalami komplikasi seperti gangguan saraf tepi (kebas dan baal di telapak kaki), gangguan mata, luka yang tidak sembuh, gangguan fungsi ginjal, gangguan fungsi ginjal, disfungsi ereksi dan sebagainya.

Untuk menjaga kadar gula darah normal, bisa mencoba tips di bawah ini:
•    Rajin berolahraga (3-5x seminggu selama 30-45 menit)
•    Atur pola makan
•    Hindari stress
•    Minum obat kadar gula darah rutin.
•    Rutin kontrol ke dokter
Faktor genetik termasuk ”warisan” dari orang tua bisa memengaruhi seseorang terkena Diabetes. Untuk mencegah berkembangnya penyakit diabetes, maka keturunan penderita diabetes seperti Mba Dian ini juga perlu menerapkan  pola hidup sehat.

(Oleh Peppy Octaviani MH MSc Apt : Tim Konsultasi Kesehatan STIKES Harapan Bangsa Purwokerto).


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu