S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date6 May 2017 8:54 am
ByAdmin is trator
Views11


Info Kesehatan

Pendekatan Non Farmakologis Untuk Kurangi Nyeri Punggung pada Bumil

Pendekatan Non Farmakologis Untuk Kurangi Nyeri Punggung pada Bumil
Oleh : Maria Ulfah S Si T MKes


Selama kehamilan, terutama bagi ibu hamil (Bumil) yang umur kehamilannya lebih dari 37 minggu sering mengalami ketidaknyamanan yang sering terjadi adalah nyeri punggung. Sejalan dengan bertambahnya berat badan secara bertahap selama kehamilan dan redistribusi pemusatan berat badan serta pengaruh hormone relaxin pada panggul yang akan menyebabkan terjadinya perubahan postur tubuh ibu hami.

Hal ini menyebabkan kecenderungan bagi otot untuk memendek jika otot perut meregang sehingga dapat menyebabkan ketidakseimbangan otot disekitar panggul dan tegangan. Oleh karena itu akan menyebabkan nyeri punggung dan dapat menjadi gangguan punggung jangka panjang jika keseimbangan otot dan stabilitas panggul tidak dipulihkan setelah melahirkan.

Untuk menyembuhkan nyeri punggung tips nya adalah sebagai berikut :

1. Perhatikan postur tubuh 
Pada saat anda mengambil barang, posisi punggung tetap tegak, usahakan tidak membungkuk karena dengan posisi ini akan menambah sakit pada punggung. Begitu juga pada saat duduk, duduklah dengan cara yang tegak, pantat ditarik kebelakang kea rah tempat duduk. Disamping itu, jangan terlalu berdiri lama serta menggunakan sepatu dengan alas yang datar dan lebar.

2. Jangan mengangkat beban berat
Seperti halnya postur tubuh ibu pada saat mengambil barang, begitu juga pada saat mengangkat benda berat, usahakan luruskan punggung, tekuk lutut, angkat benda dengan tumpuan berat di tangan dan kaki jangan di punggung. Jika akan berputar, putar seluruh tubuh (180 derajat) jangan hanya di bagian pinggang saja.

3. Olahraga secara teratur 
Melakukan senam hamil dengan cara tertentu dapat memperkuat otot punggung, selain dengan cara senam hamil, berenang juga dapat memperkuat otot punggung.

Selamat mencoba ibu, semoga dapat membantu mengurangi nyeri punggung sehingga kehamilan dapat berjalan dengan nyaman.(*)





© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu