S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date30 August 2016 10:28 am
ByAdministrator
Views61



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Sosok

Penasaran Dengan Teknik Docking - Adita Silvia Fitriana, SSc, MSc

Perkembangan dunia farmasi kini semakin berkembang. Terbukti berbagai riset dan penelitian memberikan jenis obat yang semakin varian. Hal inilah yang dipandang oleh Adita Silvia Fitriana, SSc, MSc sebagai kemajuan perkembangan yang menarik diamati. Menurut Ketua Prodi Sarjana Farmasi dari STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto ini, penemuan obat masih dapat dilakukan dengan cepat efektif.

Dia mengungkapkan, ada salah satu teknik metode untuk melakukan observasi untuk menghasilkan obat. Namanya adalah metode Docking molekular. Dia menjelaskan, metode sangat efektif untuk mengidentifikasikan sebuah khasiat tanaman. Proses pengidentifikasian itu seperti melihat kandungan protein, enzim dan substrat.

"Docking merupakan salah satu metode yang dapat memprediksi interaksi antar molekul, dapat berupa protein termasuk enzim, DNA, karbohidrat, lemak terhadap substrat, tetapi lebih banyak yang mengeksplorasi terhadap enzim," ujarnya.

Adita menjelaskan, hasil dari docking ini dapat memprediksi interaksi yang stabil. Menurut dia, metode ini intinya dengan mengisolasi molekul sebuah senyawa. Dengan menggunakan senyawa yang aktif.

"Molekul itu dapat digunakan sebagai prediksi awal," imbuh dia.

Dia menambahkan, ternyata metode ini lebih murah dilakukan. Terlebih untuk mencari obat herbal yang kini sedang berkembang. Karena metode docking tidak perlu merusak tumbuhan untuk mencari senyawa tertentu.

"Namun sayangnya metode docking masih belum banyak dilirik di industri obat era sekarang," tuturnya.(rez)


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu