S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date23 March 2013 11:21 am
ByAdministrator
Views54



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

Pelatihan Kader Posyandu Lansia Di Desa Tambaksari Kidul Kembaran

www.shb.ac.id, STIKes Harapan Bangsa Purwokerto  mengadakan pelatihan kader posyandu lansia di Desa Tambaksari  Kecamatan Kembaran, Kabupaten banyumas selama dua hari, senin dan selasa, 15-16 april 2013.

Acara tersebut dikuti oleh  25 peserta  yang merupakan kader Posyandu Desa Tambaksari Kecamatan Kembaran. Acara tersebut dibuka dengan sambutan dari Kepala Desa Tambaksari kidul bapak joko suryanto, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala puskesmas kembaran I yang kemudian diikuti dengan sambutan dari ibu dr. Pramesti Dewi sebagai ketua STIKes Harapan Bangsa Purwokerto.

Acara ini bertemakan “Peningkatan Kemampuan Kader Posyandu Lansia Dalam Pengelolaan Posyandu Lansia Menuju Lansia Yang Sehat, Mandiri, Bahagia dan Berdaya Guna. Diharapkan setelah acara pelatihan ini para peserta akan mampu mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat selama pelatihan kedalam kegiatan posyandu lansia di desa tambaksari kidul. Acara ini diselenggarakan sebagai  wujud  Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu sebagai bentuk aplikasi kegiatan pengabdian masyarakat sebagai upaya untuk meningkatkan  kesehatan masyarakat, dalam hal ini warga desa tambaksari, khususnya kesehatan kaum lansia. Diharapkan bahwa para kader ini yang merupakan ujung tombak kesehatan masyarakat akan   mampu menjadi kader-kader kesehatan masyarakat yang  siap melaksanakan tugas-tugas mereka serta mampu memberdayakan para lansia agar sehat, mandiri, bahagia dan berdaya guna.

Pada acara tersebut pengisi materi adalah dosen dan  mahasiswa STIKes Harapan Bangsa Purwokerto harapan bangsa purwokerto. Materi yang disampaikan pun terfokus kepada upaya pemberdayaan kader agar mampu menjadi kader yang mampu mengelola posyandu dan mengatasi permasalahan lansia yang ada di wilayahnya.

Kemudian selain pemberian materi tersebut disampaikan pula tentang bagaimana praktek senam lansia yang diinstrukturi sendiri oleh pembantu ketua II STIKes Harapan Bangsa Purwokerto harapan bangsa purwokerto, ibu Yuris Tri Naili, SH, KN. Sebelumnya juga Ibu Reni Dwi, SKM., MPH selaku pembantu ketua III, menyampaikan tentang manajemen pengelolaan  posyandu lansia. Selain itu, sebagai upaya kemandirian para kader posyandu lansia, para ibu-ibu ini juga diberikan pelatihan bagaimana caranya mengukur tekanan darah yang benar dan pada akhir sesi pelatihan dilakukan simulasi posyandu lansia yang dilakukan oleh kader posyandu peserta pelatihan.

Sebagai bagian terakhir acara pelatihan kader posyandu lansia, adalah penyampaian pesan dan kesan yang disampaikan oleh ibu Muhyati, sebagai Koordinator kader posyandu, beliau mengatakan bahwa pelatihan keder posyandu lansia ini sangat membantu sekali dalam pengembangan posyandu lansia di desa tambaksari,  demikian pula  Bapak Kades menyambut baik kegiatan ini. Desa Tambaksari merupakan desa binaan dari STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan adalah program-program yang berkaitan dengan peningkatan kesehatan masyarakat dengan melibatkan peran serta masyarakat setempat. 


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu