S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date7 August 2018 8:25 am
ByAdministrator
Views26

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Olahraga Teratur Dapat Menurunkan Dismenore


Ilustrasi Dismenore
Date7 August 2018 8:25 am
ByAdministrator
Views26

Selamat pagi pengasuh rubrik. Perkenalkan saya Jupe dari Purwokerto. Saya adalah pelajar SMA di Purwokerto. Saya akhir-akhir ini sering mengalami sakit saat menstruasi. Menurut artikel yang pernah saya baca, saya harus olahraga untuk mengurangi nyeri haid. Jadi kemudian saya melakukan olahraga seminggu 2 kali. Tapi kok nyeri saya tidak berkurang ya bu. Yang saya tanyakan itu kenapa ya bu? Terima kasih sebelumnya.

JAWAB:

Ananda Jupe yang tersayang terima kasih atas pertanyaanya. Pertanyaan yang sangat bagus. Akan coba saya jelaskan ya ananda. Jadi, perubahan perkembangan biologis pada remaja ditandai dengan keremajaan secara bilogi yaitu di mulainya haid (menstruasi). Gangguan fisik yang sangat menonjol pada wanita haid adalah nyeri haid.

Faktor risiko timbulnya nyeri haid haidprimer bermacam-macam yaitu menstruasi pertama pada usia yang amat dini, belum pernah melahirkan anak, periode menstruasi yang lama, status gizi, merokok, kebiasan olahraga,stress. Nah salah satu masalah ananda jupe adalah kebiasaan olahraga. Frekuensi aktivitas olahraga dikatakan baik apabila dilakukan selama 3-5 x/minggu.

Yang dimaksud frekuensi olahraga adalah banyaknya latihan olahraga per satuan waktu. Latihan olahraga yang dilakukan 3-5 x/minggu  akan memberi efek yang berarti bagi kesehatan.

Tujuan dari olahraga yang dilakukan 3-5 x/minggu, selain dapat mencegah gangguan penyakit, juga dapat menciptakan prestasi taraf kesehatan agar dapat meningkatkan prestasi di luar bidang olahraga, misalnya prestasi kerja, prestasi sekolah, atau kuliah. Latihan yang cukup ini misalnya jogging, bersepeda, berenang, tennis meja. Olahraga dengan frekuensi yang benar akan menjaga stamina  dan ketahanan aliran darah seorang terjaga.

Stamina akan menurun kembali setelah 48 jam tidak melakukan latihan. Sebelum stamina dan ketahanan menurun kembali diusahakan berlatih fisik. Latihan olahraga yang baik adalah latihan yang digunakan untuk mencapai kesegaran jasmani dengan kebutuhan tiap individu.

Apabila tubuh tidak digunakan olahraga atau sedikit olahraga maka kerja paru menjadi tidak efisien, jantung melemah, kelemahan pembuluh darah berkurang, ketegangan otot berkurang dan seluruh tubuh menjadi lemah.

Kejadian nyeri haid primer akan meningkat pada wanita yang kurang melakukan olahraga, sehingga ketika wanita mengalami nyeri haid primer, oksigen tidak dapat disalurakan ke pembuluh-pembuluh darah organ reproduksi yang saat itu terjadi vasokontriksi. Bila wanita teratur melakukan olahraga, maka wanita tersebut dapat menyediakan oksigen hampir 2 kali lipat per menit sehingga oksigen tersampaikan 2 kali lipat per menit sehingga oksigen tersampaikan ke pembuluh darah yang mengalami vasokontriksi.

Hal itu akan menyebabkan terjadinya penurunan kejadian nyeri haid primer. Oleh karena itu ananda Jupe harus olahraga teratus dengan frekuensi  yang baik yaitu 3-5 kali seminggu. Semoga jawaban saya dapat membantu ya Ananda Jupe. Selamat berolahraga semoga sehat selalu ananda.

(Rosi Kurnia Sugiharti, SST, M.Kes, Tim pengasuh rubrik konsultasi kesehatan STIKes Harapan Bangsa Purwokerto)


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu