S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date3 May 2018 8:52 am
ByAdministrator
Views65

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Meningkatkan Berat Badan Anak


Ilustrasi Berat Badan Bayi. Sumber: google.co.id
Date3 May 2018 8:52 am
ByAdministrator
Views65

Assalammu'alaikum,
Pengasuh rubrik konsultasi yang saya hormati, saya Ninik di Purwokerto. Anak saya umur 5 tahun 4 bulan, berat badannya 13,8kg. Yang mau saya tanyakan, normalkah di usianya segitu berat badannya? Solusi supaya BB anak cepat naik gimana ya?
Terimakasih atas penjelasannya.

Wa'alaikumsalam wr. wb.
Halo bunda Ninik, terima kasih atas pertanyaannya. Saya memahami apa yang bunda rasakan saat ini.
Untuk menentukan berat badan anak bunda ideal atau tidak, alangkah baiknya jika saya juga mengetahui tinggi badan dan jenis kelamin si Kecil. Namun, jika hanya menggunakan data yang bunda berikan dan memplotkannya ke grafik berat badan menurut usia, berat badan anak anda berada di batas normal bawah. Berat yang berada di antara batas normal bawah dan normal atas masih termasuk ke dalam berat badan normal sesuai usianya. Untuk usia 5 tahun adalah 14,1-21 kg untuk laki-laki dan 13,7-21 kg untuk perempuan. Jangan buru-buru memberikan obat nafsu makan. Kenaikan berat badan pada anak di atas usia 1 tahun memang melambat. Normalnya kenaikan per tahunnya adalah 2 kg. Jika berat si Kecil mengalami penurunan setiap bulan, sebaiknya konsultasikan anak anda ke bidan/ dokter. Penurunan berat badan yang terjadi secara terus-menerus dapat menandakan kondisi kesehatan yang sedang terganggu.
Solusi untuk meningkatkan berat badan si Kecil adalah dengan memberikan makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Porsi yang dianjurkan untuk anak berusia 5-6 tahun adalah dengan mengonsumsi karbohidrat sebanyak 4-5 piring/hari, sayuran 1-3 kali/hari, buah 2 kali/hari, protein hewani (ayam, daging, ikan, telur) 3 kali/hari, dan protein nabati (tahu, tempe, kacang-kacangan) 1-2 kali/hari. Dairy product berupa susu, keju, maupun yoghurt dapat ditambahkan 1-2 porsi/hari.
Semoga jawaban yang saya berikan dapat membantu.

(Oleh: Susilo Rini SST, M Kes,TIM konsultasi kesehatan STIKES Harapan Bangsa Purwokerto)


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu