S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date22 April 2017 3:57 pm
ByAdministrator
Views66

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Mengenal Tekhnik Relaksasi Genggam Jari

Date22 April 2017 3:57 pm
ByAdministrator
Views66

Mengenal Tekhnik Relaksasi Genggam Jari
Oleh : Siti Haniyah S Kep Ns M.Kep


Teknik relaksasi genggam jari adalah cara yang mudah untuk mengelola emosi dan mengembangkan kecerdasan emosional. Emosi adalah seperti gelombang energi yang mengalir di dalam tubuh, pikiran, dan jiwa. Saat kita merasakan perasaan yang berlebihan, aliran energi di dalam tubuh kita menjadi tersumbat atau tertahan, sehingga akan menghasilkan rasa nyeri atau kemampatan. 

Di sepanjang jari-jari tangan kita terdapat saluran atau meridian energi yang terhubung dengan berbagai organ dan emosi (Cane, 2013). Menggenggam jari sambil menarik nafas dalam-dalam (relaksasi) dapat mengurangi dan menyembuhkan ketegangan fisik dan emosi, karena genggaman jari akan menghangatkan titik-titik keluar dan masuknya energi pada meridian (energi channel) yang terletak pada jari tangan kita (Liana, 2008).

Respon relaksasi merupakan bagian dari penurunan umum kognitif, fisiologis, dan/atau stimulasi perilaku. Proses relaksasi juga melibatkan penurunan stimulasi. Proses relaksasi memperpanjang serat otot, mengurangi pengiriman impuls neural ke otak, dan selanjutnya mengurangi aktivitas otak juga sistem tubuh lainnya. Penurunan denyut jantung dan pernapasan, tekanan darah, dan konsumsi oksigen serta peningkatan aktivitas otak alpha dan suhu kulit perifer merupakan karakteristik dari respon relaksasi. Relaksasi membantu individu membangun ketrampilan kognitif untuk mengurangi cara yang negatif dalam merespon situasi dalam lingkungan mereka (Potter & Perry, 2010).

Menurut teori akupunktur, setiap jari merupakan jalur keluar masuknya energi dan berhubungan dengan emosi tertentu. terdapat banyak titik-titik disekitar jari tangan serta telapak tangan. Apabila sedang terjadi gangguan kesehatan di organ tertentu, maka ada beberapa titik di jari tangan yang sangat nyeri apabila dipijat. Ternyata setiap jari mempunyai hubungan yang berbeda dengan emosi kita (Liana, 2008). Ibu jari berhubungan dengan duka, air mata, dan luka batin. Jari telunjuk berhubungan dengan rasa takut, ngeri, dan panik. Jari tengah berhubungan dengan rasa marah, mengamuk, dan dendam. Jari manis berhubungan dengan rasa cemas, gelisah, dan gugup. Jari kelingking berhubungan dengan kurang percaya diri (Cane, 2013).

Dari hasil penelitian yang penulis lakukan pada santri putri PP Darrussalam 2016 nilai ?-value adalah 0,00 menurunkan nyeri.Teknik Relaksasi Genggam Jari efektif  menurunkan nyeri  tajam dan memberikan sensasi menyenangkan yang melawan rasa tidak nyaman pada saat kontraksi ataupun di antara kontraksi (Lane, 2009). Dengan begitu impuls rasa sakit ini dapat diblok yaitu dengan memberikan rangsangan pada saraf yang berdiameter besar yang menyebabkan gate Control akan tertutup dan rangsangan sakit tidak dapat diteruskan ke korteks serebral (Mander, 2003).(*)


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu