S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date25 February 2017 3:40 pm
ByAdministrator
Views45

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Mengenal Tanda Bahaya Kehamilan Pada Trimester 1 

Date25 February 2017 3:40 pm
ByAdministrator
Views45

Mengenal Tanda Bahaya Kehamilan Pada Trimester 1 


Pertanyaan : 

Saya saat ini sedang hamil dua bulan. Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan terkait kehamilan saya yang pertama. Saya mengalami nyeri perut bagian bawah sejak tiga hari yang lalu. Sebenarnya, apa yang menyebakan nyeri perut saya tersebut ya Bu? Apa saja tanda bahaya kehamilan pada trimester 1 dan bagaimana pencegahannya? Terimakasih bu atas jawabannya.
Siska-Banyumas
Jawaban : 

Mbak Siska, terimakasih atas pertanyaannya. Berikut sedikit jawaban yang bisa saya berikan terkait pertanyaan Mbak Siska.

1. Nyeri perut bagian bawah kemungkinan merupakan gejala utama pada kehamilan ektopik (hamil diluar kandungan), atau abortus (keguguran). Dapat juga disebabkan karena penyebab lain misalnya apendisitis (usus buntu) dan kista ovarium.

2. Tanda bahaya pada kehamilan trimester 1 (umur kehamilan 1-3 bulan) yang dapat terjadi pada ibu hamil ada 4 hal, yaitu mual muntah berlebihan (hiperemesis gravidarum), perdarahan pervaginam, hipertensi gravidarum (hipertensi saat kehamilan) dan nyeri perut bagian bawah.

3. Tindakan pencegahan yang perlu dilakukan adalah pola hidup sehat dan kunjungan ibu hamil pada tenaga kesehatan baik bidan/dokter spesialis kandungan. Kunjungan minimal selama kehamilan yaitu 4 kali. Kunjungan ke-1 saat trimester 1, ke-2 saat trimester 2, ke-3 dan ke-4 saat trimester 3.

Dengan dilakukan kunjungan diharapkan kelainan pada kehamilan dapat terdeteksi dan ditangani dengan baik, sehingga tidak menimbulkan bahaya kehamilan. Kepada Mbak siska, diharapkan segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan sehingga dapat diketahui penyebab yang pasti dan dilakukan tindakan pengobatan. Terima kasih.

Oleh : Ns Indri Heri Susanti S.Kep., M.Kep (Tim Konsultasi STIKES Harapan Bangsa Purwokerto)
  


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu