S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date27 March 2016 12:09 pm
ByAdministrator
Views40



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Mengatasi Varises pada Kaki

Mengatasi Varises pada Kaki

Tanya :

Bapak/Ibu dosen, saya mau bertanya. Saya ibu 1 anak yang sedang mengandung 7 bulan. Berbeda dengan kehamilan saya yang pertama, di dekat mata kaki saya dan belakang lutut kok seperti ada urat yang keluar, Apakah itu hal yang normal ?

Jawab :

Terlihatnya urat yang keluar di kaki dan tangan dalam bahasa kedokterannya dikenal dengan nama varises. Varises ialah vena normal yang mengalami dilatasi/pelebaran akibat pengaruh peningkatan tekanan vena yang terjadi karena manifestasi sindrom insufiensi vena dimana aliran darah dalam vena tidak dapat mengalir balik ke jantung dengan maksimal sehingga mengalami kongesti (penumpukan).

Penyebabnya adalah berkurangnya elastisitas dinding pembuluh vena yang menyebabkan pembuluh vena melemah dan tak sanggup mengalirkan darah ke jantung sebagaimana mestinya. Aliran darah dari kaki ke jantung sangat melawan gravitasi bumi, karena itu pembuluh darah harus kuat dan harus ada kontraksi otot sekitar yang memompa. Kedua,rusaknya katup pembuluh vena, padahal katup atau klep ini bertugas menahan darah yang mengalir ke jantung agar tidak keluar kembali. Katup yang rusak membuat darah berkumpul di dalam dan menyebabkan gumpalan yang mengganggu aliran darah.

Faktor resiko terjadinya varises yaitu faktor keturunan, kurang gerak sehingga otot sekitar pembuluh darah vena tidak mampu memompa darah secara maksimal. Selain itu juga dipengaruhi karena terlalu banyak berdiri yang mengakibatkan kaki terlalu berat menahan tubuh dan memperparah beban kerja pembuluh vena dalam mengalirkan darah. Kebiasaan merokok juga menyebabkan kandungan zat berbahaya dalam rokok membuat pembuluh darah menjadi kaku dan terjadi penyempitan, sehingga dinding pembuluh tidak elastis lagi. Kolesterol tinggi dan kencing manis yang berhubungan dengan masalah peredaran darah, selain itu kehamilan dan pemakaian sepatu hak tinggi memicu terjadinya varises.

Gejala varises diawali dengan kaki dan tungkai terasa berat, diikuti otot yang mudah pegal, kaku, panas dan sakit di seputar kaki maupun tungkai. Biasanya rasa sakit dirasakan menjelang malam, akibat tidak lancarnya aliran darah. Adanya kaki bengkak (edema) karena adanya pembendungan darah. Perubahan pada pembuluh vena luar, misalnya di betis bagian belakang tampak urat kebiru-biruan dan berkelok-kelok. Keadaan ini merupakan gejala varises kronis.

Cara mencegahnya yaitu jika pekerjaan Anda mengharuskan banyak berdiri, usahakan untuk tidak berdiri dengan posisi statis (diam), tapi tetap bergerak, agar otot tungkai dapat terus bekerja memompa darah ke jantung, kemudian hindari merokok dan mulailah untuk berolahraga secara teratur. Untuk pengobatan, dokter akan memberi obat-obatan yang menguatkan dinding vena dan memperlancar aliran darah, atau menggunakan stocking khusus varises. Stocking ini berfungsi menekan pembuluh vena sehingga otot dan dinding vena bisa kembali bekerja maksimal. Stocking mampu mencegah, mengurangi gejala awal, dan rasa sakit penderitanya meski hanya temporer. Jadi, tetap harus minum obat. Semoga informasi dari kami bermanfaat.(*)


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu