S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date30 June 2016 8:41 am
ByAdmin is trator
Views23


Info Kesehatan

Mengatasi Diare Pada Anak

Pertanyaan:

Selamat siang Bu, saya mau tanya, anak saya diare sudah 3-4 hari dan terlihat pucat, ingin membuatkan larutan gula garam tapi bingung takaran nya, apakah bisa membantu?

Jawab:
Selamat pagi Bunda, terimakasih atas pertanyaannya.
Diare adalah peningkatan jumlah (tiga kali atau lebih) atau penurunan konsisten dari tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam. Diare dapat dibagi menjadi akut (kurang dari 14 hari), persisten (lebih dari 14 hari) dan kronik (lebih dari 1 bulan). Konsisten tinja yang cair yang menjadi karakteristik diare biasanya akan hilang dalam beberapa hari. Diare kronik dapat menjadi tanda adanya kelainan yang lebih serius, seperti adanya infflamantory bowel disease. Diare dapat menyebabkan kehilangan cairan dan elektrolit yang cukup signifikan. Kebanyakan diare akan sembuh sendiri tanpa pengobatan. Penting juga diperhatikan sudah berapa lama atau sudah berapa hari anda mengalami diare ini. Apabila lebih dari 3 hari atau bahkan hingga seminggu, kemungkinan besar ada penyebab yang membutuhkan penanganan lebih serius seperti infeksi bakteri.
Selain pengobatan, penting juga untu mengganti cairan yang keluar karena diare dengan mengkonsumsi air larutan gula garam atau oralit.
Untuk cara pembuatan larutan gula garam (oralit) sendiri, sebagai berikut:

Bahan:
- Gelas
- Air putih yang sudah matang (dapat menggunakan air yang hangat agar dapat memberikan perasaan nyaman bagi sipenderita diare)
- Gula pasir
- Garam dapur (bersih dan halus)

Cara membuat:
1. Tuangkan air putih ke dalam gelas
2. Masukkan setengah sendok the garam dan dua sendok the gula
3. Aduk hingga merata lalu minum oerlahan





© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu