S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date3 May 2018 9:07 am
ByAdministrator
Views121

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

MENDENGARKAN SURAH Ar-Rahman DAPAT MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN 

Date3 May 2018 9:07 am
ByAdministrator
Views121

Oleh : Surtiningsih, SST.,M.Kes

    Kehamilan dan persalinan merupakan suatu proses yang normal pada seorang wanita, namun proses tersebut dapat menimbulkan kecemasan. Bagi seorang ibu yang pertama kali menghadapi kehamilan dan proses persalinan cenderung mengalami kecemasan lebih dibandingkan dengan wanita yang pernah hamil sebelumnya. Selama kehamilan Ibu hamil mengalami perubahan emosional, cenderung malas, sensitif, gampang cemburu, minta perhatihaan lebih, perasaan tidak nyaman, stres, terutama menjelang persalinan. 
    Mempersiapkan diri dengan berbagai informasi tentang hal-hal yang menyangkut persalinan merupakan salah satu cara terbaik untuk menghadapi persalinan. Banyak cara alami yang dapat digunakan untuk membantu meringankan kecemasan dan rasa sakit saat kontraksi. Salah satu terapi non farmakologi yang berpotensi untuk mengurangi kecemasan adalah terapi suara dengan Murottal Al Qur’an. 
    Menurut penelitian yang dilakukan oleh Ahmad Al- Qadhi  tentang hasil penelitianya dengan tema pengaruh Al-Qur’an pada manusia dalam perspektif fisiologi dan psikologi. Hasil penelitian tersebut menunjukan hasil positif bahwa 97% responden, baik muslim maupun non muslim, baik yang mengerti bahasa Arab maupun tidak, mendengarkan ayat suci Al-Qur’an memiliki pengaruh yang signifikan dalam menurunkan ketegangan urat saraf reflektif dan hasil ini tercatat dan terukur secara kuantitatif dan kualitatif oleh sebuah alat berbasis komputer. 
    Berdasarkan hasil penelitian surtiningsih, 2014 didapatkan ada perbedaan tingkat kecemasan menghadapi persalinan pada ibu primigravida setelah diberikan terapi mendengarkan ayat suci Al-Qur’an (Surah Ar-Rahman). Setelah kecemasan diukur sebelum dan setelah dilakukan terapi terdapat penurunan tingkat kecemasan, frekuensi denyut jantung dan pernafasan yang lebih rileks. Mendengarkan ayat suci Al-Qur’an sangat dianjurkan pada ibu hamil menjadi rutinitas harian. 
    Lantunan Al-Qur’an secara fisik mengandung unsur suara manusia, sedangkan suara manusia merupakan instrumen penyembuhan yang menakjubkan dan alat yang paling mudah dijangkau. Suara dapat menurunkan hormon-hormon stres, mengaktifkan hormon endorfin alami,  meningkatkan perasaan rileks, dan mengalihkan perhatian dari rasa takut, cemas dan tegang, memperbaiki sistem kimia tubuh sehingga menurunkan tekanan darah serta memperlambat pernafasan, detak jantung, denyut nadi, dan aktivitas gelombang otak. Laju pernafasan yang lebih dalam atau lebih lambat tersebut sangat baik menimbulkan ketenangan, kendali emosi, pemikiran yang lebih dalam dan metabolisme yang lebih baik 
    Bacaan-bacaan Al-Qur’an dengan suara merdu yang telah masuk melalu hyphotalamus dan diteruskan ke hipofisis mampu memberikan respon terhadap emosional ke kelenjar adrenal untuk menekan pengeluaran hormon epinefrin, norepinefrin dan dopa yang disebut hormon stress. Masalah mental seperti stress dapat berkurang, ketenangan dan relaksasi akan didapatkan oleh seseorang yang mendengarkan bacaan tersebut. Sehingga dapat memberikan 
perasaan nyaman dalam aktifitas yang akhirnya mempengaruhi penurunan tingkat kecemasan seseorang dalam menghadapi sesuatu yang baru akan dialaminya (Hakim, 2012).
 


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu