S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date26 September 2016 1:28 pm
ByAdministrator
Views45



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Sosok

Memperhatikan Administrasian Yang Baik - Hesti Ayu Wahyuni, SH

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id — Bila kita bicara mengenai administrasi sering kali orang menghubungkan dengan keuangan, pembayaran dan pembukuan tentang keluar masuknya uang. Memang bila ditinjau dari katanya, administrasi mempunyai arti sempit dan arti luas. Dalam arti sempit diartikan sebagai kegiatan pencatatan data, surat-surat informasi secara tertulis serta penyimpanan dokumen sehingga dapat dipergunakan kembali bila diperlukan. Dalam arti luas, administrasi menyangkut kegiatan manajemen/pengelolaan terhadap keseluruhan komponen organisasi untuk mewujudkan tujuan/program organisasi.

Namun bila dilihat dari kacamata institusi pendidikan, administrasi adalah penerapan ilmu administrasi dalam mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Tujuan pendidikan itu seperti dalam pembinaan, pengembangan dan pengendalian usaha praktek-praktek pendidikan. 

Hal itulah yang dipegang oleh staf administrasi di STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto, Hesti Ayu Wahyuni, SH. Menurut dia, seorang administrator harus bisa memperoleh hasil yang efektif dan efisien dengan cara melakukan pekerjaan manajemen yang meliputi merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, dan melakukan pemeriksaan. Kesemuanya, kata dia dikaitkan dengan semua sumber, tenaga, dana, dan fasilitas yang ada secara efisien dan mampu melakukan mengembangkan kerjasama antara seluruh anggota, baik secara horizontal dan vertikal.

"Bidang administrasi adalah 'inti' dari pendataan disemua institusi. Jadi apabila ingin melihat institusi itu baik maka lihatlah bidang administrasinya," ujarnya.

Dia menjelaskan, tugas administrasi itu diantaranya seperti mengurusi jadwal perkuliahan, surat menyurat dan lainnya. Kedua Dia melihat, fungsi keduanya sangat penting dalam menata jadwal perkuliahan agar lebih rapih. Untuk surat menyurat, kata Hesti, biasanya dilakukan ketika ingin mengundang dosen dari luar. Dimana, lanjut dia, biasanya membutuhkan surat pengantar kepada dosen yang bersangkutan.

"Penjadwalan dilakukan setiap awal semester agar tidak mendadak dikemudian harinya. Sementara untuk surat menyurat kerapkali kepada dokter spesialis yang kita undang untuk mengisi perkuliahan," imbuh dia.(rez)


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu