S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date10 October 2016 8:41 am
ByAdministrator
Views37



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Manfaat Baking Soda Untuk Kesehatan

Baking soda merupakan bahan alami yang biasa digunakan untuk membuat kue, sehingga baking soda disebut juga dengan soda kue. Ya baking soda digunakan untuk membuat adonan kue mengembang sebut saja kue bolu, kue kering, dan lain sebagainya. Namun baking soda juga tidak hanya digunakan untuk membuat kue saja, baking soda juga sering kali digunakan untuk perawatan kulit. Nah dalam kesempatan kali ini kami akan mencoba menjelaskan beberapa manfaat dari baking soda selain untuk membuat kue. 

1. Obat kumur alami
Baking soda bisa menjadi obat kumur alami dan mengatasi berbagai masalah mulut seperti sariawan, bau mulu, sakit gigi dan membersihkan mulut dari kuman. Caranya yaitu campurkan 1 sendok teh baking soda dengan 100ml air. Aduk hingga rata kemudian gunakan untuk berkumur.

2. Menghilangkan bau badan
Selain dapat menghilangkan bau mulut, baking soda juga ampuh untuk mengatasi bau badan. Caranyapun sangat mudah sekali, yaitu gunakan baking soda sebagai bedak tabur pada ketiak anda. Baking soda akan menetralisir keringat dan bau badan yang dikeluarkannya.

3. Sebagai obat gatal karena gigitan serangga
Rasa gatal yang disebabkan gigitan serangga seperti gigitan nyamuk memang sangat menjengkelkan sekali, namun anda bisa menyembuhkan rasa gatal tersebut dengan menggunakan baking soda. Caranya sangat mudah sekali yaitu campurkan baking soda dengan air secukupnya kemudian anda balurkan pada kulit yang gatal, diamkan selama beberapa menit.

4. Sebagai antasida untuk mengurangi asam lambung
Baking soda juga ampuh sekali untuk mengurangi atau menurunkan asam lambung yang tinggi. Caranya yaitu campurkan 1/2 sendok teh dengan segelas air dan minum secara teratur pada pagi hari saat perut kosong dan tidak boleh dikonsumsi saat perut sedang kenyang.

5. Mengatasi sunburn
Sunburn atau rasa sakit akibat terbakar sinar matahari juga dapat disembuhkan dengan menggunakan baking soda. Baking soda memiliki efek mendinginkan sehingga cocok sekali untuk mengobati sunburn. Caranya yaitu basahi handuk dengan air dingin yang telah dicampur dengan baking soda, kemudian kompres pada kulit yang sakit.

6. Menyegarkan kaki yang lelah
Kaki yang lelah akibat aktivitas juga bisa disegarkan kembali menggunakan baking soda. Baking soda akan membuat kaki menjadi rileks dan segar kembali. Rasa pegal dan lelahpun akan hilang dengan baking soda. Caranya yaitu campurkan baking soda dengan air hangat secukupnya. Kemudian anda rendam kaki anda selama beberapa menit, anda juga bisa merendamnya sambil memijat.

Oleh : Wilis Sukmaningtyas, S.ST., M.Kes, Dosen STIKes Harapan Bangsa Purwokerto.


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu