S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date7 November 2016 1:32 pm
ByAdministrator
Views34



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Info Kesehatan

Manfaat Baking Soda untuk Kecantikan

Oleh: Wilis Sukmaningtyas S.ST M.Kes

Melanjutkan artikel yang sudah diposting pada 1 Oktober lalu, dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa manfaat dari baking soda yang dapat digunakan untuk kecantikan kulit.

Setidaknya terdapat 7 manfaat yang akan kita bahas yaitu :

1. Mengobati jerawat, menghilangkan komedo dan kulit kusam. Jerawat, komedo dan kulit kusam merupakan masalah kulit yang umum diderita semua orang dan sangat menghancurkan penampilan. Namun anda tidak perlu khawatir karena jerawat, komedo dan kulit kusam bisa diatasi dengan menggunakan baking soda.

Baking soda dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya mudah, campurkan baking soda, madu, perasan lemon atau jeruk nipis hingga menjadi pasta kemudian mulai oleskan pada kulit wajah yang bermasalah secara perlahan-lahan. Diamkan hingga kering lalu bilas dengan air bersih. Lakukan ini setiap hari niscaya wajah anda akan bersih bersinar karena jerawat dan komedo hilang.

2. Memutihkan dan mencerahkan kulit wajah. Baking soda dapat mengangkat sel kulit mati, menghilangkan flek hitam serta mengatasi kulit kusam yang membuat kulit terlihat gelap. Caranya campurkan baking soda dengan air sabun lalu oleskan pada kulit wajah dan leher secara merata sambil dipijat. Diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

3. Menghaluskan kulit. Perawatan kulit dengan baking soda membuat kulit semakin halus dan lembut. Penyebab kulit kasar seperti sel kulit mati akan terangkat dan hilang seketika ketika anda menggunakan baking soda sebagai pembersih kulit wajah.

4. Scrub alami. Baking soda dapat digunakan untuk scrub kulit wajah maupun kulit tubuh dengan cara mencampurkan baking soda dengan air lalu mengoleskannya pada kulit wajah atau kulit tangan dan kaki anda.

5. Membersihkan kuku. Tidak perlu melakukan pedicure dan manicure. Bersihkan dan Percantik kuku anda dengan baking soda. Cukup campurkan baking soda dengan air hingga berbentuk soda kemudian oleskan dan pijatkan pada kuku anda hingga bersih lalu bilas dengan air.

6. Mencerahkan ketiak. Memiliki kulit ketiak gelap tentu membuat kebanyakan wanita tidak percaya diri terlebih ketika ingin memakai baju tanpa lengan. Baking soda ternyata bisa mengatasi kulit ketiak yang gelap. Kali ini campurkan baking soda dengan air hingga menjadi pasta. Oleskan pada kulit ketiak. Diamkan beberapa menit, bilas dengan air hingga bersih. Tidak hanya berubah menjadi lebih cerah, masalah bau ketiak sekaligus teratasi.

7. Menghilangkan ketombe. Membuat rambut menjadi lembab dan cantik bisa dilakukan dengan menggunakan baking soda untuk keramas. Setelah dibilas dengan air hingga bersih lanjutkan dengan menggunakan campuran cuka apel dan air sebagai kondisioner untuk melembutkan rambut. Dan ingat, anda tidak boleh lupa membilasnya setelah memakai campuran cuka apel.(*)


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu