S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date30 May 2016 1:42 pm
ByAdministrator
Views63



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

Makin Terampil dengan OSOC

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id - STIKes Harapan Bangsa Purwokerto (SHB) mulai menerjunkan mahasiswanya untuk melaksanakan program One Student One Client (OSOC). Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan keterampilan mahasiswa di bidang ilmu yang digelutinya. Program OSOC dilaksanakan di dua titik di Banyumas selama embilan bulan kedepan. OSOC menjadi tindak lanjut dari pembekalan terhadap mahasiswa SHB beberapa waktu lalu.

Koordinator Kegiatan, Siti Haniah S Kep Ns M Kep mengatakan, sejumlah 20 mahasiswa dan lima pembimbing akademik diterjunkan ke Kecamatan Kedungbanteng dan Kecamatan Kembaran. Sebanyak 20 mahasiswa ini diterjunkan untuk mendampingi para ibu hamil beresiko tinggi. Ibu hamil dengan risiko tinggi adalah ibu hamil memiliki komplikasi, seperti tekanan darah tinggi, asma, dan beberapa penyakit lainnya. Hal itu dinilai dapat menjadi kendala sang ibu untuk melahirkan dengan normal, sehingga, mereka harus mendapat pendampingan.

Siti menyampaikan, pendampingan ibu hamil ini sudah mulai dilakukan pada awal Mei sampai Januari. Pendampingan ini dilakukan untuk mengurangi jumlah kematian ibu dan anak, mengingat di Banyumas sendiri angka kematian Ibu dan anak masih tinggi. Pendampingan yang dilakukan mahasiswa pun tidak sendiri, pihak kampus bekerjasama dengan puskesmas setempat yang mengetahui dengan jelas para pasien yang akan didampingi.
Pendampingan dilakukan dengan kunjungan rutin mahasisiwa. Yang menjadi poin penting adalah mahasiswa akan terus mendampingi ibu hamil agar tidak terjadi hal-hal yang nantinya bisa berbahaya bagi si ibu hamil. Pendampingan akan dilakukan sampai ibu melahirkan, bahkan sampai masa nifas selesai.

"Yang jelas, mahasiswa akan proaktif memantau keadaan ibu hamil dan melakukan tindakan yang kiranya diperlukan, tentu semua dalam pengawasan pembimbing akademik dan pukesmas setempat," tegasnya.

Dari bidang akademik kampus, ke 20 mahasiswa yang mendapatkan kesempatan praktik OSOC adalah mereka yang sudah lolos seleksi. Seleksi yang dilakukan pihak kampus ini bertujuan untuk memilah mahasiswa yang siap secara akademik ataupun praktik. Mahasiswa juga nantinya akan diberi penghargaan berupa sertifikan pendamping untuk kelulusan nanti.

Dalam aplikasi OSOC ini, lanjut Siti, mahasiswa dituntut untuk peka terhadap kondisi dan bisa melakukan tindakan yang pas dan efektif untuk ibu hamil.

"OSOC ini goalnya satu, yaitu untuk mengurangi angka kematian ibu dan anak, jadi peran mahasiswa dibutuhkan di sini," pungkasnya. (stw)


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu