S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date19 December 2016 2:30 pm
ByAdmin is trator
Views24


Info Kesehatan

Makanan Perangsang Otak Genius Bayi

Masa pertumbuhan dari bayi hingga remaja merupakan waktu yang paling tepat untuk merangsang perkembangan anak, termasuk juga perkembangan kecerdasan otaknya.  Ada banyak faktor yang mempengaruhi kecerdasan anak, mulai dari faktor keturunan, lingkungan dan pastinya asupan makanan yang ia konsumsi.

Berikut makanan-makanan terbaik yang bisa merangsang perkembangan dan kecerdasan otak anak :

1. Salmon
Ikan berlemak ini adalah sumber terbaik dari asam lemak omega-3 yang berperan penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan asupan asam lemak omega-3 lebih berpikiran lebih tajam. Salmon juga memilki kandungan omega-3 paling banyak dibandingkan makanan lainnya.

2. Madu
Madu mengandung berbagai vitamin seperti Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, D , K, E, mineral serta zat besi dan zink. Selain itu madu juga mengandung protein, hormone, antiseptic dan enzim yang mampu meningkatkan daya ingat dan kecerdasan mental. 

3. Kismis
Kismis kaya akan zat besi yang sangat penting untuk membantu peredaran darah yang akan di bawa ke otak. Darah mengangkut semua nutrisi yang penting agar sampai ke seluruh tubuh. Darah juga sangat membantu dalam pembentukan otak anak.

4. Telur
Telur merupakan sumber protein yang paling mudah di dapatkan dan diolah. Kuning telur diketahui mengandung kolin yang dapat membantu perkembangan otak terutama dalam perkembangan fungsi memori atau daya ingat. Zat ini akan meningkatkan produksi sel induk memori di otak dan juga membuat anak tidak mudah lelah.

5. Buah Beri
Buah-buahan jenis beri seperti strawberry, raspberry, blueberry dan sebagainya mengandung banyak nutrisi yang penting untuk perkembangan otak. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa strawberry dan blueberry dapat memperbaiki fungsi daya ingat otak sehingga dapat meningkatkan kemampuan daya ingat si kecil.

6. Kurma
Kurma kaya akan dengan vitamin A, B, B1, B2, B3, vitamin C, dan E. Jus kurma mampu memanaskan badan dan mencerdaskan otak serta membantu dalam perkembangan otak bayi.

7. Kacang
Kacang merupakan salah satu makanan kaya vitamin E dan antioksidan yang dapat berperan sebagai pelindung sel-sel otak terhadap radikal bebas. Bahkan dari salah satu penelitian diketahui bahwa kacang merah mengandung banyak asam lemak omega 3, khususnya ALA yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak.

Demikian berbagai makanan yang dapat merangsang pertumbuhan otak bayi. Semoga bermanfaat. Mari selalu berikan makanan terbaik untuk bayi kita.(Rosi Kurnia Sugiharti, SST, M.Kes-Dosen Kebidanan Stikes Harapan Bangsa Purwokerto)





© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu