S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info

SHB News

Information

Date30 January 2017 9:43 am
ByAdministrator
Views89

PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

Mahasiswa Stikes Harapan Bangsa Purwokerto akan mengikuti ujian phantom


Date30 January 2017 9:43 am
ByAdministrator
Views89

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id — Pekan depan hingga 10 Februari mendatang, 72 mahasiswa semester 5 program Kebidanan D3 STIKes Harapan Bangsa Purwokerto, mulai menjalani ujian phantom dengan dokter kandungan.

Dosen Prodi Kebidanan Stikes Harapan Bangsa Purwokerto, Fauziah Hanum NA SST MKeb mengatakan, untuk tahun ini dokter kandungan yang akan menguji hanya dr Sutrisno Hadhi SpOG. Saat ini dr Sutrisno Hadhi SpOG bertugas di RSUD Prof Dr Margono Soekarjo Purwokerto dan Panti Nugroho Purbalingga.

Karena faktor kesibukan dan jadwal yang sangat padat dari dokter lainnya, maka tahun ini hanya dr Sutrisno Hadhi SpOG yang menilai ujian phantom bersama dosen Stikes Harapan Bangsa Purwokerto. Biasanya ada dua hingga tiga dokter yang menguji," katanya.

Fauziah menjelaskan, ujian phantom merupakan salah satu ujian yang harus dilewati mahasiswa Kebidanan D3 Stikes Harapan Bangsa sebelum benar-benar dilepas terjun ke masyarakat.         Ujian phantom merupakan ujian yang dilakukan oleh mahasiswa bersama tim pakar keahlian yaitu dokter kandungan, dengan tujuan menerapkan prinsip-prinsip kegawatdaruratan dalam menangani kasus kegawatdaruratan obstetrik dan neonatus untuk menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi di Indonesia. 

Selain itu, dengan menjalani studi kasus langsung dengan dokter kandungan, diharapkan dapat lebih melatih mahasiswa mengatasi kasus kegawatdaruratan baik pada sang ibu maupun bayinya.

"Pekan ini pembekalan dulu. Untuk waktu ujian phantomnya kita belum tahu pasti karena masih harus menunggu jadwal dari dokter yang menguji. Jadi memang belum pasti dan waktunya masih bisa berubah-berubah," kata dosen yang belum lama menyelesaikan pendidikan S2 Kebidanan di Universitas Padjajaran (Unpad). (yda/sus)


Prev/Next News




© 2018 - www.shb.ac.id STIKes Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu