S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date2 February 2016 9:49 am
ByAdmin is trator
Views13


Berita SHB

Mahasiswa SHB Kuliah di Thailand Ikuti Program Student Exchange

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id - STIKes Harapan Bangsa Purwokerto (SHB) serius untuk menapaki kerjasama international. Terbukti, SHB kembali memberangkatkan mahasiswanya ke Thailand. Program tersebut merupakan program beasiswa pertukaran mahasiswa/student exchange scholarship prachomklao college of nursing, Thailand–Stikes Harapan Bangsa Purwokerto tahun akademik 2015/2016. Di tahun akademik yang sama, SHB tidak hanya melaksanakan program pertukaran pelajar dan dosen tapi juga melakukan joint research.

Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa tentu telah lulus dari seleksi yang diadakan kampus. Beberapa indikator yang digunakan untuk seleksi adalah capaian indeks prestasi kumulatif, kemampuan berbahasa Inggris pasif dan aktif serta aktivitas ekstra kurikuler. Hal tersebut diyakini bisa menjadi bekal yang cukup untuk bisa mengharumkan nama alamater di luar negeri.

Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Reni Dwi Setyaningsih SKM MPH menjelaskan, beasiswa ini akan sangat menguntungkan bagi mahasiswa karena semua biaya yang melekat dari program ini. Biaya akomodasi dan biaya pendidikan selama tinggal dan menetap di perguruan tinggi tujuan ditanggung sepenuhnya oleh SHB.

"Mahasiswa tinggal fokus belajar di sana, karena pihak kampus sudah menanggung semua," ujar Reni Dwi Setyaningsih.

Menurutnya, kerjasama dengan universitas luar negeri ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pengalaman internasional mahasiswa SHB mengenai pembelajaran keperawatan dan kebidanan dalam lingkup ASEAN dan Dunia. Dengan semakin banyaknya kerjasama dengan pihak luar negeri diharapkan bisa meningkatkan kesempatan mahasiswa untuk bekerja di dunia kerja internasional. SHB juga bekerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi Keperawatan antara lain Prachomklao College of Nursing, menawarkan Program Pertukaran Mahasiswa yang diselenggarakan pada Tahun Akademik 2015/2016.

Reni menjelaskan, dengan program kerjasama yang sudah berlangsung selama dua tahun ini akan terus berlanjut dan bisa meningkatkan kerja sama dan research di bidang ilmu keperawatan. Dan juga diharapkan dengan adanya kegiatan ini hubungan antar dua institusi semakin terjalin dengan baik terutama di bidang pendidikan khususnya bidang keperawatan.

Selanjutnya pada tahun-tahun yang akan datang program beasiswa pertukaran pelajar ini tidak hanya sebatas di perguruan tinggi di Thailand saja tapi juga di beberapa perguran tinggi mitra di luar negeri dan negara ASEAN masih menjadi prioritas utama.

"Kami berupaya untuk meningkatkan kerjasama dengan universitas luar lainnya, dan Asean menjadi fokus utama kami," pungkasnya. (stw)





© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu