S T I K E S
Harapan Bangsa
News & Info


Date16 November 2016 9:13 am
ByAdministrator
Views29



PMB STIKes Harapan Bangsa Purwokerto
Berita SHB

Mahasiswa SHB dan PCK Thailand Asuh Lansia

www.shb.ac.id, radarbanyumas.co.id — Sedikitnya 20 mahasiswa SHB yang terdiri dari empat mahasiswa pendamping dan 12 mahasiswa sedang melaksanakan praktik klinik keperawatan stase keperawatan gerontik bersama empat mahasiswa Prachomklao (PCK) melakukan kunjungan lapangan dan aplikasi asuhan keperawatan pada lanjut usia di Panti Wreda Dewanata, Cilacap, Rabu (9/11). Kegiatan ini merupakan rangkaian pertukaran dosen dan mahasiswa kerjasama STIKes Harapan Bangsa (SHB) Purwokerto dengan Prachomklao (PCK) College of Nursing Thailand.

Pembantu Ketua III Bidan Kemahasiswaan SHB Purwokerto, Reni Dwi Setyaningsih, SKM, MPH mengatakan 20 mahasiswa tersebut tidak hanya didampingi dirinya. Melainkan juga disertai dosen pendamping dari Departemen Keperawatan Komunitas SHB, Wasis Eko Kurniawan, S.Kep, Ns MPH dan Dwi Novitasari S.Kep, Ns MSc.

"Selama disana, seluruh mahasiswa langsung melakukan terapi aktivitas kelompok bagi para lansia," katanya

Reni menjelaskan, tujuan dari kegiatan kunjungan lapangan dan aplikasi asuhan keperawatan pada lanjut usia agar mahasiswa mampu mengaplikasikan pemberian asuhan keperawatan gerontik untuk lanjut usia.

Selama kegiatan, mahasiswa dihibur dengan kegiatan hiburan berupa paduan suara kolaborasi para lansia dan mahasiswa. "Mahasiswa Thailand juga mengajarkan senam Bamboo Exercise pada para lansia," terang dia.

Dirinya tidak lupa mengucapkan rasa terima kasih setulus-tulusnya kepada Kepala Panti, Suwarsono beserta segenap staffnya di Panti Wreda Dewanata yang telah menyambut kedatangan dosen dan mahasiswa SHB dengan penuh keramahan.

"Ada juga lomba-lomba dan hadiah untuk lansia. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan untuk kita semua yang ikut khususnya bagi empat mahasiswa PCK," sambung Reni.

Selepas kunjungan dari Panti Wreda Dewanata Cilacap, rombongan dosen dan mahasiswa SHB melanjutkan acara dengan mendatangi objek wisata Benteng Pendem yang penuh dengan nilai sejarah. (yda/ttg) 


Prev/Next News




© 2018 - STIKES Harapan Bangsa Purwokerto - Kerjasama dengan Radar Banyumas.
Hak Cipta Dilindungi Oleh Undang-Undang

Menu